Kreasi Kerajinan Kulit Jagung dan Karung Goni Surabaya

0 1.903

Kreasi Kerajinan Kulit Jagung dan Karung Goni Surabaya

Kalau cuma dibuang, kulit jagung hanya jadi sampah. Padahal, ia bisa dimanfaatkan jadi hiasan rumah yang cantik. Bahkan tidak terlihat kalau itu terbuat dari kulit jagung. Nani Rosana Erman, memiliki kemampuan memanfaatkan kembali kulit-kulit jagung menjadi produk yang bernilai jual. Nani menyatakan, kulit jagung bersifat mudah dioalah. Dia mencoba membuatnya menjadi kerajinan. Beberapa kali gagal, dia lantas menemukan cara agar kulit jagung tetap awet. Caranya, kulit jagung direbus bersama pewarna kain. Setelah berubah warna, kulit jagung dikeringkan.

Teksturnya akan berubah menjadi keras. ’’ Lalu disetrika dan di- press,’’ ungkapnya. Kalau sudah berbentuk halus, kulit jagung bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. ’’Dibentuk bunga bisa, boneka juga bisa,’’ kata Nani saat ditemui di Grand City. Menurut dia, bunga berbahan kulit jagung diminati. Warnawarnanya cerah dan bisa menghidupkan suasana rumah. Hiasan bunga kulit jagung juga cocok diletakkan di mana saja. ’’Mau digantung di dinding juga bisa dengan tambahan tali,’’ paparnya.

Nani juga mengombinasikan bahan tersebut dengan karung goni. Dia menambahkan pewarna pada karung goni sehingga tampak lebih cantik ala-ala konsep rustic. ’’Saya menjahitnya, lalu membentuknya sesuai keinginan,’’ ungkap pemilik Rosa Craft di surabaya Jawa Timur tersebut. Selain gantungan dinding, Nani membuat boneka dari karung goni.

Meski terbuat dari bahan-bahan bekas, perawatannya mudah. Hanya perlu dilap dengan kain kering atau tisu secara rutin. Dengan demikian, warna hiasan berbahan kulit jagung maupun karung goni bisa tahan lama. ’’Warnanya juga tidak bisa luntur,’’ jelas perempuan berjilbab itu. Dia menjual produknya dengan variasi harga Rp 15 ribu–Rp 100 ribu per item. Harga bergantung tingkat kesulitan.

Source https://www.pressreader.com https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20161017/282772061094955
Comments
Loading...