Kreasi Kerajinan Limbah Sikat Pakaian Di Medan

0 273

Kreasi Kerajinan Limbah Sikat Pakaian Di Medan

Sikat pakaian berbahan dasar ijuk ternyata dapat diolah menjadi berbagai karya kerajinan miniatur unik yang setelah jadi dapat menambah nilai jualnya. Pemilik CreaBrush, Susanto, di Medan, mengatakan, ide unik tersebut berawal dari usaha pembuatan sikat miliknya yang mulai mengalami penurunan, akibat dari masyarakat beralih menggunakan sikat berbahan dasar plastik. Karena sepi pesanan, sementara karyawan harus terus digaji, memaksa dirinya memutar otak, bagaimana persediaan sikat dari ijuk bisa tetap habis terjual.

“Pesanan sikat mulai turun sementara karyawan butuh gaji, jadi saya putar ide untuk membuat sikat pakaian tetap eksis dengan mengubahnya jadi kerajian,” katanya pula.


Olahan yang dilakukannya itu, dapat menghasilkan berbagai jenis seperti bentuk hewan, mobil, sepeda, motor, dan lainnya. Menurut Susanto, ide membuat kerajinan hias dari sikat pakaian tersebut adalah yang pertama di Indonesia, dan untuk itu ia juga sering mengikuti berbagai pameran untuk memperkenalkan lebih jauh hasil karyanya. Pemasaran produknya, selain menjual barangnya secara langsung dalam berbagai pameran, kerajinan sikat miliknya juga dapat dipesan secara online melalui fan page facebook: Creabrush Indonesia.

“Pameran dalam kota kami sudah sering ikuti. Kalau di luar kota kami pernah ikut pameran di Jakarta, Bali sampai Manado,” katanya pula.

Setelah sering mengikuti berbagai pameran, hasil karya Susanto sudah dijual di toko-toko suvenir di luar Kota Medan dan mulai dilirik pembeli asing, baik dibeli dalam bentuk satuan maupun dalam jumlah besar.

“Pernah ada kerja sama dengan pengusaha dari Italia dalam jumlah besar untuk dijual kembali di sana. Sekarang sedang dalam proses negosiasi dengan pengusaha Brazil yang mau menjual produk kami juga,: katanya pula.

Source https://sumbar.antaranews.com https://sumbar.antaranews.com/berita/209183/begini-cara-susanto-mengolah-sikat-pakaian-menjadi-kerajinan-unik
Comments
Loading...