Kreasi Kerajinan Ronce Melati Di Subang

0 530

Kreasi Kerajinan Ronce Melati Di Subang

Bunga melati sering kali digunakan sebagai bunga seremonial. Berbagai acara baik acara adat dan tradisional sampai acara resmi kenegaraan masih menggunakan bunga melati sebagai ornament. Mulai dari pernikahan, pemakaman, kelahiran sampai upacara penting kenegaraan. Di Kabupaten Subang salah seorang pengrajin atau lebih dikenal dengan “ronce atau meronce” bunga melati untuk aksesoris pengantin. Iin Winarni bersama suami Pipin Arifin sudah 1 tahun berjalan membuka Sanggar Ronce Ayu Melati berlokasi di Jalan Panglejar dekat Hotel Panglejar Subang, yang menyediakan anyaman atau Ronce Melati untuk pegantin yang sering dipesan oleh salon-salon di Kota Subang.

“Biasanya orang malas untuk ngurus perlengkapan pernikahan semua diambil alih sama salon, jadi yang pesan ke kita itu salonnya langsung.”jelasnya.

Bunga Melati yang didatangkan langsung dari Cirebon dironce sedemikian rupa nantinya dipakai penganti sebagai kalung, bros, Mangle, Bando, Kulot, Keris dan tutup sanggul. Bukan hanya dipakai pengantin untuk acara pernikahan, ronce melati yang berupa kalung juga sering digunakan untuk menyambut kedatangan tamu, atau untuk ziarah ke Makam.

Dengan keuletannya Iin mengaku tidak sulit, dia pun menjamin bunga melatinya Fresh dibuat secara dadakan untuk hasil yang maksimal dihari saat ronce itu digunakan. Untuk satu set aksesoris pengantin Iin mengunakan 1 kilogram bunga melati, dengan rupiah yang dikeluarkan hanya Rp.100ribu. “Biasanya, kaena gengsi belinya di Bandung padahal ga usah jauh-jauh di Subang juga ada lebih fresh, lebih terjangkau untuk 1 set nya hanya dua ratus ribu rupiah saja itupun tergantung detailnya,” tuturnya.

Saat ini banyak salon yang dari daerah jauh seperti Tanjung Siang, Purwadadi yang memesan ke Sanggar Ronce milik Iin, dari usaha ini Iin mampu meraup omset hingga Rp2 juta untuk pemesanan anda bisa hubungi 085294733676.

Source http://pasundanekspres.com http://pasundanekspres.com/ronce-melati-fresh-sanggar-ayu-melati/
Comments
Loading...