Kreasi Kerajinan Sandal Jepit Di Surabaya

0 338

Kreasi Kerajinan Sandal Jepit Di Surabaya

Terinspirasi dari minat tetangga pada kreasi sandal jepitnya, akhirnya diseriusi Erna Mufida untuk menjadi usaha. Kini dia pun berpenghasilan hingga Rp 7 juta tiap bulannya. Produk kreasi yang kini dikenal dengan sebutan merk terdaftar ‘Sandalku Handmade’ ini sudah tersebar di 8 outlet di Surabaya, Jawa timur.

Berbekal hobinya menjahit, Erna yang mengaku lebih suka memakai sandal jepit mulai menghias sandal jepit yang ia pakai agar terlihat lebih menarik. Rupanya, hasil karyanya juga menarik minat orang lain yang melihatnya. Dari situlah, muncul ide untuk menjual sandal kreasinya.

Pada awalnya, Erna hanya membuat kreasi sandal untuk perempuan dan anak-anak. Namun pada suatu waktu, salah satu pelanggannya meminta sandal yang didesain untuk laki-laki. Dan mulai saat itu, Erna juga membuat sandal untuk laki-laki juga. Bukan hanya kreasi sandal, dia juga membuat berbagai pernah-pernik yang bisa dibuat melalui keahliannya dalam menjahit. Di antaranya jepit rambut, bando, dompet dan lainnya.

Erna menggunakan kain katun Jepang, kain batik, dan kain perca yang modelnya ia pilih sendiri untuk membuat sandal kreasinya. Hingga saat ini Erna sudah memekerjakan 2 orang karyawan dengan menghasilkan 15 pasang sandal per harinya. Sandal kreasi Erna biasa dijual mulai harga Rp 60 ribu, sedangkan pernak-pernik buatannya dijual mulai harga Rp 10 ribu tiap 3 buah.

“Kalau saya sendiri itu, yang penting bisa berkarya, orang lain seneng, saya juga seneng gitu bisa menyenangkan orang lain,” terang Erna.

Bukan hanya mengandalkan outletnya, Erna yang bekerjasama dengan pemerintah juga mendapat kemudahan dalam memasarkan hasil karyanya di ajang pameran. Ia juga memerkan hasil karyanya di media online, salah satunya bisa di lihat di instagram dengan nama akun Sandalkuhandmade. Dalam menghadapi persaingan pun, Erna mengaku tidak merasa keberatan, ia mengutamakan kreatifitas dan orisinalitas pada desain sandalnya.

Source https://www.bangsaonline.com https://www.bangsaonline.com/berita/42599/%E2%80%8Bmenghias-sandal-raih-jutaan-rupiah
Comments
Loading...