Kreasi Kerajinan Sandal Ukir Di Tulungagung

0 373

Kreasi Kerajinan Sandal Ukir Di tulungagung

Erwin Toro, warga Desa Pelem, Kecamatan Campur Darat, Tulungagung merintis usaha sambilan berupa Sandal Jepit Ukir yang sangat cantik. Usaha sambilan ini mulai digeluti sejak 8 bulan yang lalu bersama adiknya, Dian Meiningtias. Pengerjaan usaha sambilan ini dilakukan bila memperoleh pesanan dan diselesaikan di sela -sela kesibukannya bertani. Proses pembuatan sandal ukir ini masih sangat sederhana. Alat yang dipergunakan hanya sebuah silet dan jarum sebagi alat perekat gambar. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, Erwin harus memilih  jenis dan merk sandal jepit tertentu.

“Merk Swallow menjadi pilihan karena memiliki lapisan dalam yang beragam warna dan lebih menarik,” kata Dian, cewek cantik yang bekerja sebagai desain sketsa gambar sandal ukir.

Harga untuk satu pasang sandal ukir ini beragam. Untuk gambar kartun biasanya dibandrol Rp. 30.000. sedangkan untuk ukir foto wajah Rp. 35.000. Pelanggan sandal ukir ini tidak hanya warga Tulungagung dan sekitarnya saja. Ada beberapa pesanan juga datang dari luar negeri, misalnya Hongkong dan Taiwan. Harga untuk pemesan dari Hongkong dan Taiwan, Erwin biasanya menjual dengan harga Rp. 50.000.

Pengiriman barang bagi pemesan luar negeri biasanya dititipkan TKI yang bekerja di negara tersebut dan kebetulan cuti pulang kampung. Publikasi yang dilakukan selama ini melalui media jejaring sosial. ”Facebook masih menjadi media andalan untuk memperkenalkan kepada publik yang lebih luas,” tambah Dian. Usaha sandal ukir ini menarik untuk dikembangkan. Selain bisa menjadi media menyalurkan bakat dan hobi, usaha ini juga bisa mengasilkan uang.

Source http://m.jatimtimes.com http://m.jatimtimes.com/baca/151552/20170301/181650/sandal-jepit-ukir-tulungagung-mulai-rambah-pasar-luar-negeri/
Comments
Loading...