Kreasi Kerajinan Tanaman Pakis Di Magelang

0 287

Kreasi Kerajinan Tanaman Pakis Di Magelang

Bagi orang yang suka mendekorasi rumahnya dengan tanaman hias pasti tak asing dengan daun pakis atau leather leaf. Tanaman yang masuk kelompok tumbuhan paku ini memang dikenal sebagai tanaman hias untuk dekorasi ruangan dan pelengkap karangan bunga. Fajar Khanani, asal Magelang, Jawa Tengah. Pria yang akrab disapa Fajar ini membudidayakan pakis leather leaf sejak 2010. Bersama petani lainnya, ia mengmbangkan pakis leather leaf di lahan seluas 60 hektare (ha). “Lahan itu digarap puluhan petani yang juga berbisnis pakis leather leaf,” ujarnya.

Menurutnya, budidaya leather leaf menjanjikan karena permintaannya tinggi. Ada empat kategori daun yang ia pasarkan¬† berdasarkan ukuran. Yaitu, ukuran S dibandrol Rp 5.000, ukuran M Rp 6.000, ukuran L Rp 7.500, dan ukuran XL Rp 9.500. “Itu kami jual per ikat isi lima sampai 10 daun,” jelasnya.

Fajar sendiri bisa menjual sekitar 100 ikat setiap bulannya. Bila sedang musim pernikahan, pesanan bisa dua kali lipatmua. Lewat media sosial, ia pun berhasil menjaring konsumen dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam 1 hektar lahan memerlukan bibit 60.000 batang. Menurut Fajar, sekali panen bisa menghasilkan ratusan ribu daun. Fajar bilang, tanaman pakis ini bisa panen pada usia 15 bulan. Masa produksinya juga lama bisa sampai belasan tahun jika dirawat dengan baik.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/merangkai-laba-indah-dari-helaian-daun-pakis
Comments
Loading...