Kreasi Meja Pintar Karya Mahasiswa UNY Di Yogyakarta

0 144

Kreasi Meja Pintar Karya Mahasiswa UNY Di Yogyakarta

Mahasiswa berprestasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang beralamat di Jl. Colombo No.1, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih 2015, Sadiyah Alawiyah, memang keren. Selain pintar di akademis, Sadiyah juga punya kepedulian yang besar terhadap sesama. Terbukti dengan idenya menciptakan meja teknologi low vision karena terinspirasi oleh teman sekelasnya yang menderita gangguan penglihatan.

“Jadi ide awalnya itu karena saya melihat teman sekelas saya sendiri kesulitan mengikuti pelajaran karena gangguan penglihatan low vision,” ungkap Sadiyah. “Low vision sendiri merupakan gangguan penglihatan dimana penderitanya jika ingin melihat sesuatu harus didekatkan sekali ke mata agar bisa terbaca.”

Konsep meja low vision ini sendiri nantinya menggunakan sistem kamera, dimana kamera tersebut akan menangkap gambar dari papan tulis. Gambar tersebut nantinya akan muncul di layar sehingga penderita low vision bisa membacanya dengan jelas.

Kelebihan lain dari meja low vision ini adalah adanya laci dimana bisa diletakkan sebuah buku yang tulisannya nanti bisa diatur dibesarkan atau dikecilkan guna untuk membantu membaca penderita low vision.

Sayidah mengungkapkan bahwa berkat desain meja ciptaannya ini, dia berhasil terpilih mewakili UNY untuk mengikuti ajang mahasiswa berprestasi tingkat nasional yang akan diselenggarakan akhir Mei nanti.

“Tujuan akhir saya membuat meja ini adalah nantinya bisa diterapkan di seluruh sekolah umum, sehingga bisa berguna bagi siswa yang mengalami gangguan penglihatan mata,” pungkas Sayidah.

Source https://www.brilio.net https://www.brilio.net/news/teman-alami-gangguan-penglihatan-sadiyah-ciptakan-meja-baca-pintar-meja-untuk-penderita-low-vision-1.html
Comments
Loading...