Kreasi Unik Sandal Bahan Eceng Gondok

0 1.079

Kreasi Unik Sandal Bahan Eceng Gondok

Siapa sangka limbah eceng gondok di Sungai Saguling tidak bisa bernilai ekonomis. Hal tersebut dijawab Abdus Salam yang memiliki usaha E-Go Collection. Abdus Salam menjual kerajinan sandal berbahan dasar limbah eceng gondok.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi, sesuai dengan jumlah bahan yang digunakan dan tingkat kesulitan pembuatannya. Untuk sandal, Abdus Salam menjualnya dengan harga Rp 20 ribu per pasang.

Abdus Salam mengatakan, bahan sandalnya ini sangat kuat sehingga tidak mudah rusak. Tetapi, pengguna harus waspada jika tas  dan sandal terkena air hujan, karena bisa menyebabkan berjamur. Meski begitu, tidak perlu khawatir karena cara perawatannya sangat mudah. “Ini kalau kena air, kalau tidak dijemur akan keluar jamur jadi harus dijemur lagi. Kalau nggak ada matahari, ditiriskan,” ujarnya

Kerajinan sandal eceng gondok ini berada di Gerai UMKM Jl. Kayuambon Dalam No.2, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 

Cara Pembuatan Sandal Dari eceng Gondok

Cara membuatnya sederhana, tapi diperlukan ketelatenan dan ketelitian. Limbah eceng gondok yang telah diangkat, terlebih dulu dipotong daunnya kemudian dibuang. Lalu, batang eceng gondok dijemur terlebih dulu sekira satu bulan. Tetapi pada musim hujan, proses penjemuran ini harus dilakukan sekira dua bulan. Kemudian, beberapa batang eceng gondok tersebut di-press, dan beberapa lainnya tidak perlu. Hal itu diperlukan untuk variasi dalam anyamannya nanti. Batang yang telah dijemur tersebut kemudian dipotong dan dianyam. Kemudian dikreasikan sesuai keinginan.

Source Kreasi Unik Sandal Bahan Eceng Gondok tribunnews
Comments
Loading...