Mahasiswa Unikama Beri Pelatihan Kerajinan Limbah Botol Di Malang

0 129

Mahasiswa Unikama Beri Pelatihan Kerajinan Limbah Botol Di Malang

Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan, Malang mengajak  ibu-ibu di Desa Wadung, Pakisaji, Malang untuk mengolah limbah botol plastik menjadi kerajinan tangan yang inovatif. Karya warga sekitar diharapkan mendorong Desa Wadung sebagai destinasi wisata Gunung Katu.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan produk unggulan dalam rangka mempersiapkan Desa Wadung sebagai destinasi wisata Gunung Katu,” kata Wahyu Candra, pemateri latihan.

Wahyu mengatakan Plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sulit diurai, sehingga mencemari lingkungan dalam jangka waktu yang lama. Meskipun sosialisasi pemilahan sampah dan buang sampah pada tempatnya telah dikampanyekan kepada sebagian besar masyarakat Indonesia, namun masih banyak yang belum peduli terhadap limbah plastik ini.

“Agar botol plastik bekas kemasan minuman tidak mengotori lingkungan, tetapi menjadi barang bernilai jual tinggi. Botol platisk ini diolah kembali menjadi karya seni yang inovatif dan kreatif. Dengan menggunakan cutter, gunting, solder, dan tembaga, botol platik dapat dijadikan kerajinan tangan yang menarik dan bermanfaat. Misalnya, bross, bunga plastik, gantungan kunci, tempat alat tulis dan sebagainya,” papar Wahyu.

“Kalau ada botol plastik, jangan tergesa-gesa dibuang. Jadikan karya seni seperti tirai atau pembatas ruangan yang menarik dan unik,” imbuhnya.

Sedangkan dosen pembimbing lapangan KKN Unikama, Rahaju mengapresiasi langkah mahasiswanya. Menurutnya, jika keterampilan ini ditekuni secara serius, maka dapat menambah penghasilan dan mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik.

Source http://beritajatim.com http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/337213/mahasiswa_unikama_latih_ibu-ibu_olah_limbah_botol_plastik.html
Comments
Loading...