Menyulap Limbah Sampah Menjadi Kerajinan Cantik Di Jepara

0 217

Menyulap Limbah Sampah Menjadi Kerajinan Cantik Di Jepara

Dengan kreativitasnya, Amelia Candra Santika, berhasil menyulap sampah rumah tangga yang dianggap remeh, menjadi berbagai barang bernilai jual tinggi yang laris manis. Bahkan permintaan pun datang dari beberapa perusahaan lokal Jepara.

Amelia mengubah kemasan bekas produk makanan dan minuman ringan untuk menjadi berbagai barang yang berguna. Bungkus-bungkus itu dengan mudah didapatkan di warung-warung.

Amelia selama ini memproduski olahan sampahnya di rumahnya Desa Tubanan RT4/ RW 5, Kecamatan Kembang, Jepara. Apa yang dilakukannya ini ungkapnya karena ternyata sampah bisa dimanfaatkan lagi menjadi barang berharga. Selain itu juga untuk menularkan kepedulian terhadap lingkungan melalui pemilahan dan pengelolaan sampah.

Amelia mengaku mengotak atik secara otodidak kemasan plastik itu agar desainnya jadi lebih bagus. Tak kurang puluhan jenis produk olahan dari limbah plastik telah dia buat. Mulai dari dompet koin, tempat pensil, tempat tisu, tas belanja, keranjang sampah, tempat manci. Dia mengaku juga melayani pesanan dari beberapa orang di Jepara.

Amelia mendapatkan sampah dari limbah di sekitar rumahnya, mulai kantin-kantin sekolah sampai warung-warung yang terkadang menumpuk sampahnya, dan Amelia mendapatkannya dengan gratis. “Semua gratis, saya hanya ambil dan kadang malah ada yang kerumah buat ngasih sampahnya,” jelas Amelia.

Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai Rp 35.000. Permintaan akan kerajinan ini datang dari berbagai kalangan, baik perorangan maupun perusahaan. “Biasanya pembeli datang ke rumah atau pesen lewat facebook saya Melly O’shop, dan saya memproduksi 6-15 bahan sampah olahan per hari,” jelas alumni SMK 17 Bangsri Jepara tersebut.

Source Menyulap Limbah Sampah Menjadi Kerajinan Cantik Di Jepara Menyulap Limbah Sampah Menjadi Kerajinan Cantik Di Jepara
Comments
Loading...