Pameran Hasil Kerajinan Tangan Karya Siswa MI Lamongan

0 129

Pameran Hasil Kerajinan Tangan Karya Siswa MI Lamongan

Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Kedungmegarih Kecamatan Kembangbahu, Lamongan, memamerkan berbagai hasil kerajinan pada kegiatan Exhibition Class yang digelar di masing-masing ruang kelas I sampai kelas VI.

Ketua Cabang LP Maarif Lamongan Husen saat meninjau pameran mengatakan kegiatan pameran merupakan penerapan model saintifik dengan indikator banyak produk pembelajaran yang dilakukan siswa. “Pameran ini bertujuan untuk.memberikan motivasi kepada siswa agar muncul rasa percaya diri dan kreativitas baru,” ujar Husen.

Adapun kerajinan tangan yang dipamerkan di antaranya berupa kaligrafi, miniatur rumah serta berbagai pernak-pernik souvernir yang cantik. Bahkan, dari berbagai kerajinan tangan yang dipamerkan beberapa di antaranya menggunakan bahan-bahan bekas pakai.

Seperti, Aidatuz Zahwa (10) salah seorang siswa yang saat ini duduk di kelas lima ini memamerkan kerajinan tangan yang terbuat dari tulang ikan Manyung. Ia menyulap tulang ikan itu menjadi sebuah souvenir yang cantik. “Tulang ikan ini saya dapat dari teman saya yang ada di Slatung Desa Tlogoagung Kembangbahu, kemudian saya mencoba untuk mengkreasikannya,” ucapnya.

Aida mengatakan sengaja menggunakan tulang ikan itu sebagai souvernir cantik yang bertuliskan lafadz Allah dan Muhammad. “Di sini belum ada yang menggunakan kreasi menggunakan tulang ikan, maka saya bikin dan saya pamerkan di sini, ” katanya.

Aida juga mengungkapkan untuk membuat souvenir ini sangat mudah sekali. Pertama tulang ikan dibentuk sesuai dengan selera, kemudian di cat dan dikasih kaligrafi di tengah tulang. “Ini dijual hanya Rp. 15 ribu saja,” ungkap Aida yang juga mengatakan sangat senang dengan diadakan kegiatan Exhibitiom Class ini. “Saya senang dengan adanya pameran ini, jadi saya bisa menunjukkan kreativitas saya, ” ujarnya.

Selain Aida yang memamerkan souvenir cantik dari tulang ikan, Alfin Mailiya siswi yang juga masih duduk di kelas lima ini juga memamerkan barbagai barang yang terbuat dari bahan-bahan bekas pakai. “Ada tempat pensil dari bekas botol minuman, tempat tisu dari plastik bekas jajan chiki, dompet dari plastik bekas, bunga dari plastik, dan juga pembersih sarang laba-laba dari bekas botol minuman,” terang Alfin yang mengatakan sengaja menggunakan kreasinya dari bahan bekas agar tidak terbuang sia-sia dan hanya menjadi sampah.

“Barang-barang ini masih bisa dimanfaatkan, ini juga dijual mulai dari Rp. 5 ribu hingga Rp. 15 ribu,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Sekolah MI Islamiyah Kedungmegareng Kecamatan Kembangbahu Umar Taufiq, mengatakan adanya kegiatan Exhibitiom Class ini para siswa dapat lebih terampil dan dapat belajar berwirausaha. “Yang dagang bisa berdagang yang punya kreativitas bisa dimunculkan kreativitasnya,” terangnya.

Selain dilakukan pameran berbagai kerajinan tangan, Taufiq mengatakan juga dilakukan berbagai pameran pembelajaran. “Ada pembelajaran matematika tadi, seperti ramalan tanggal lahir, itukan ada perhitungan, kemudian ada IPA bagaimana pembakaran itu melibatkan udara, kalau IPS seperti menawarkan barang, menjual barang,” paparnya.

Dalam kegiatan ini, sambungnya, juga melibatkan para wali murid yang bertujuan untuk menghidupkan paguyuban sehingga mereka juga merasa memiliki Madrasah ini. “Diharapkan ada sinergi yang kuat untuk paguyuban wali murid dan Madrasah, tadi wali murid juga sangat antusias,” ucap Taufiq yang juga mengatakan Exhibitiom Class ini dibuka untuk umum.

“Tadi banyak yang dari luar juga melihat, masyarakat sekitar, siswa MTs, aliyah banyak yang datang,” pungkasnya.

Source https://www.bangsaonline.com https://www.bangsaonline.com/berita/41326/ratusan-siswa-mi-di-lamongan-pamerkan-hasil-kerajinan-tangan
Comments
Loading...