Pameran Kerajinan Batu Akik Di Musirawas

0 305

Pameran Kerajinan Batu Akik Di Musirawas

Bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan, Komunitas Batu Akik Karangjaya, menggelar pameran dan pelatihan manajemen pengrajin batu akik setempat.

Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus perajin¬†Sukril Jamil, menerangkan diadakankannya pameran dan pelatihan manajemen bagi pengrajin batu akik ini, sebagai langkah promosi sekaligus pembelajaran tentang sistem pengelolaan dan pemasaran batu akik Muratara. “Kita ingin batu akik Muratara ini menjadi salahsatu ikon daerah,” katanya.

Keinginan ini tidaklah muluk. Di Muratara, kata dia, ketersediaan bahan baku batu akik seperti Muratara, Sunkis, Tawon Hitam, maupun Teratai Muratara, relatif mudah didapat. “Asal dikelola dengan baik, batu akik ini bukan lagi menjadi usaha sampingan, tapi sudah menjadi prospek bisnis yang menjanjikan,” ucapnya.


Ketua Komunitas Batu Akik Karangjaya, H Sudirman, menerangkan, saat ini batu akik Muratara sudah dikenal dan dicari orang luar daerah. “Keberadaan batu akik ini sangat membantu perekonomian masyarakat di tengah terpuruknya harga jual getah karet saat ini,”katanya.

Sementara, penjabat Bupati Muratara, H Agus Yudiantoro, mendukung upaya pengrajin mengenalkan keberadaan batu akik ke dunia luar. Wujud konkrit dari dukungan itu, selain memberi bantuan dana Rp15 juta kepada pengrajin batu akik di daerah itu, dalam setiap kesempatan dia juga selalu mengenalkan batu akik Muratara.

“Saat Menpora bersama Ketua PBNU Pusat dan Sumsel datang ke Kota Lubuklinggau beberapa waktu lalu, mereka semua saya beri Red Muratara,” ungkapnya.

Source http://perjuanganrakyat.com http://perjuanganrakyat.com/berita/muratara/20-jadikan-batu-akik-muratara-sebagai-ikon-daerah
Comments
Loading...