Pameran Kerajinan Karya Kreatif Pesta Rakyat Jateng Di Pantai Widuri Pemalang

0 289

Pameran Kerajinan Karya Kreatif Pesta Rakyat Jateng Di Pantai Widuri Pemalang

Pada Pesta Rakyat Jateng 2018 kali ini, Pemprov Jateng juga menggelar pameran produk kreatif di kompleks Pantai Widuri Pemalang. Pameran tersebut menghadirkan koleksi lengkap produk industri kreatif dari Pemalang dan juga Jateng.

Misalnya, baju cap godong khas Temanggung, batik kuasan Pemalang, kerajinan dari akar bambu, dan lain sebagainya. Produk- produk UMKM yang ditampilkan di antaranya kerajinan akar bambu yang membentuk wajah khas dari Desa Karangpong, Kecamatan Pulosari, Pemalang.

“Ini merupakan hasil karya para pemuda di desa kami. Kelompok para pemuda yang menamakan Kebon Kube, membuat kerajinan wajah dari akar bambu serta bentuk kerajinan lain dari kayu,” kata perajin bambu, Iwan Nirwana. Produknya dijual dengan harga kisaran Rp 200 ribu hingga Rp 10 juta tergantung ukuran karya kerajinan.

Produk UMKM yang ditampilkan terdiri dari kain tradisional dan produk turunannya, serta karya kreatif lainnya seperti kerajinan yang merupakan produk kreatif unggulan yang memiliki nilai otentik/original, bernilai budaya tinggi, memiliki nilai ekonomis dan berkualitas tinggi untuk dapat dipasarkan.

Selain menyajikan karya kreatif, melalui pameran ini masyarakat yang hadir dapat juga membeli kopi khas Pemalang serta produk industri kreatif semisal robot yang dioperasikan menggunakan gawai.

Yang menarik perhatian yakni pameran produk kreatif yang dibuat dari siswa berkebutuhan khusua dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 dan 2 Pemalang.

Pameran karya kreatif ini merupakan wujud nyata Pemprov Jateng mendukung pengembangan UMKM kreatif sekaligus memperkenalkan produk unggulan yang dapat mengangkat citra budaya daerah, mendukung penyerapan tenaga kerja, dan mendorong pariwisata.

Source http://jateng.tribunnews.com/ http://jateng.tribunnews.com/2018/08/18/berburu-kerajinan-di-pameran-karya-kreatif-pesta-rakyat-jateng-di-pantai-widuri-pemalang?page=all
Comments
Loading...