Pameran Kriya Nusa 2018 Di Senayan

0 174

Pameran Kriya Nusa 2018 Di Senayan

Dalam rangka HUT Dekranas Ke-39, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan 3 (tiga) rangkaian kegiatan besar antara lain:  Pameran Kriya Nusa 2018 pada tanggal 26-30 September 2018, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tanggal 27 September 2018, dan tuan rumah evaluasi penjurian World Craft Council (WCC) Award 2018 pada tanggal 24-27 September 2018 ini.

Pameran kerajinan Kriya Nusa 2018 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, mulai 26-30 September 2018. Pameran yang mengangkat tema “Tingkatkan Sinergitas & Kreativitas Wirausaha Milenial” ini akan mengusung ikon daerah Nusantara dari Aceh yaitu mengangkat motif Pucuk Rebung sebagai dasar desain publikasi.

Pameran Kriya Nusa 2018 diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia yang memfasilitasi perajin di wilayahnya masing-masing. Tak hanya itu sejumlah BUMN dan Kementerian juga memfasilitasi mitra binaanya untuk terlibat sehingga terdapat 313 stand kriya dan 21 stand kuliner. Stand-stand tersebut terdiri dari 172 stand Dekranasda, 37 stand Kementrian & BUMN, 76 perajin individu, dan stand ikonik serta desainer.

Rencananya, dalam Kriya Nusa 2018 juga akan digelar fashion show dengan mengajak para desainer untuk bekerja sama dengan perajin daerah guna mengedukasi perajin dan memperkenalkan hasil kerajinan daerahnya kepada masyarakat yang lebih luas. Tahun ini daerah yang bekerja sama dengan para desainer adalah: Sintang, Sabu, Cual, Donggala, Tuban, dan Ulap Doyo. Desainer-desainer tersebut antara lain: Naniek Rahmat, Ghea Panggabean, Oscar Lawalata, Didit Maulana, dan Carmanita.


Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi Kriya Nusa 2018, Triana Rudiantara di Jakarta Selasa (25/9 2018) mengajak seluruh masyarakat untuk menghadiri pameran kerajinan karya anak bangsa tanpa dipungut bayaran sepeserpun alias gratis, dan Kriya Nusa 2018 juga menghadirkan ragam kuliner nusantara.

“Melalui pameran Kriya Nusa 2018, Dekranas ingin memberikan ruang bagi perajin Indonesia untuk menampilkan produk-produk unggulannya sekaligus memperkenalkan hasil kerajinan daerah ke masyarakat yang lebih luas,” ujarnya.

Menurut Triana, dilihat dari banyaknya stand yang berpartisipasi, pastinya produk kerajinan yang ada akan sangat beragam dan berkualitas karena melibatkan perajin terpilih dari seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia dan sudah dikurasi oleh Dekranasda setempat.

“Produk yang ditawarkan pun original, bukan produk pasaran yang diproduksi secara massal dan besar-besaran seperti barang grosiran. Semua produk yang dipamerkan didatangkan langsung dari tangan perajin daerah. Harga yang ditawarkan pun akan jauh lebih murah karena perajin daerah tidak perlu membayar sewa stand. Biaya tersebut telah ditanggung oleh Dekranasda masing-masing daerah, Kabupaten/Kota,” imbuh Triana Rudiantara.

Selain menggelar pameran Kriya Nusa 2018, ada dua kegiatan besar lainnya, yaitu; Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas pada tanggal 27 September 2018 yang bertempat di Kementerian Pertahanan. Rakernas ini berguna untuk memantapkan sinkronisasi dari peran Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia secara menyeluruh. Acara ini digelar secara rutin setiap tahunnya. Tema Rakernas tahun ini adalah: “Terus Berinovasi Menuju Kriya Nusantara yang Berkualitas”. Rakernas tahun ini akan diselenggarakan di Kementerian Pertahanan yang diikuti sekitar 600 peserta diantaranya para Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten, dan Kota, serta anggota pengurus Dekranas Pusat.

Rangkaian acara pada Rakernas akan diisi dengan 3 (tiga) sesi talkshow; Sesi 1 akan membahas peran dekranas dalam pembinaan perajin, sesi 2 akan membahas peran SMESCO sebagai sarana promosi unggulan di Indonesia, dengan narasumber yaitu Dirut SMESCO, sesi 3 akan membahas tentang pendanaan dari sisi CSR, dengan narasumber dari Dirjen Pengembangan Eskpor Nasional, dan Kementerian BUMN.

Harapannya talkshow ini dapat menjadi jawaban bagi permasalahan perajin seperti pemasaran, peningkatan kualitas dan fasilitas, serta pendanaan. Nantinya pengetahuan ini dapat disebarluaskan ke perajin melalui Dekranasda

Source http://krjogja.com http://krjogja.com/web/news/read/78507/Pameran_KriyaNusa_2018_Isi_HUT_Dekanas_ke_39
Comments
Loading...