Pameran Produk Karya Siswa-Siswi MAN 2 Situbondo

0 143

Pameran Produk Karya Siswa-Siswi MAN 2 Situbondo

Jaman sekarang, sekolah tidak lagi hanya sebatas kelas dan papan tulis. Sekolah yang hanya membuat siswa seperti patung menerima materi pelajaran sambil manggut-manggut di atas kursi dan bangku. Sekolah harus menjadi tempat menyalurkan bakat dan kreativitas peserta didik. Berikan ruang bagi mereka yang kreatif untuk berkembang. Hal inilah yang menjadi dasar dari kegiatan positif siswa-siswi MAN 2 Situbondo di bawah bimbingan guru yang kompeten di bidangnya, Pameran Tugas Terbaik, Kriya Kayu Kelas XII Tahun 2017-2018 pada hari ini, di halaman MAN 2 Situbondo.

Sesuai judulnya, pameran karya siswa-siswi MAN 2 Situbondo kelas XII IPA dan IPS ini merupakan pameran karya siswa dalam kerajinan kayu. Hasil karya berupa kerajinan hiasan dinding kaligrafi dengan bahan dasar serbuk gergaji kayu sehingga disebut kriya kayu.

Produk kerajinan kaligrafi dengan bahan dasar kayu ini dikerjakan oleh siswa-siswi MAN 2 Situbondo secara berkelompok yang berisi 6-8 siswa. Mereka diberi waktu satu bulan untuk menyelesaikan tugas.

Menurut salah seorang Siswa bernama Alex Sandra, kerajinan ini berbahan dasar serbuk gergaji kayu, lem kayu dan papan triplek. Proses pembuatannya dimulai dengan memotong triplek sesuai ukuran yakni 100 cm x 60 cm. Kemudian, di atas triplek itu digambar bentuk dasar kaligrafi (mal) menggunakan pensil atau alat tulis lainnya. Selanjutnya, serbuk gergaji kayu dicampur dengan lem kayu putih secukupnya hingga berbentuk bubur. Kemudian, adonan dipasang ke atas triplek yang sudah ada pola kaligrafinya.

Kemudian pewarnaan dilakukan setelah cetakan kering. Pewarnaan menggunakan cat merk AG* kemudian finishing menggunakan cat vernis agar hasil kaligrafi tidak rapuh dan tampak mengkilap. Ketika ditanya berapa akan dijual hasil karyanya, Alex dengan malu-malu menyebut angka Rp200.000,-

Source https://rideralam.com https://rideralam.com/2018/02/24/pameran-produk-karya-siswa-siswi-man-2-situbondo-kaligrafi-kayu-dan-makanan-olahan-laut/
Comments
Loading...