Pelatihan Kerajinan Buket Di Gampong Blang Tho

0 121

Pelatihan Kerajinan Buket Di Gampong Blang Tho

Bidang kegiatan mandiri yang dilaksanakan adalah “Pelatihan Pembuatan Buket Bunga”. Kerajinan bunga kertas merupakan bunga yang dibuat dari kertas krep yang berwarna-warnai. Kerajinan tangan dari kertas krep ini dapat dibuat menjadi bermacam-macam karya seni yang menarik dan memiliki harga  jual, salah satunya bunga dan dirangkai menjadi satu buket yang dapat dijadikan sebagai hadiah serta dapat juga dijadikan sebagai pajangan dirumah. Kegiatan pelatihan pembuatan buket bunga ini bertujuan untuk melatih masyarakat terutama anak-anak dan para remaja dalam mengembangkan kreatifitas olah kertas menjadi karya seni yang bernilai ekonomi.

Adapun maksud dari program kegiatan pelatihan pembuatan buket bunga adalah untuk meningkatkan kreatifitas pada anak-anak dan para remaja untuk berwirausaha sejak dini. Bahan yang digunakan dalam program ini yaitu berupa kertas Krep dan kain buket. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak-anak dan para remaja dapat melakukan kerajinan tangan yang mudah namun dapat dijadikan pula sebagai peluang bisnis. Sasaran yang ingin dicapai adalah dengan dilaksanakannya program pelatihan ini diharapkan dapat menambah bakat anak-anak dan para remaja Gampong Blang Tho, sehingga ilmu pelatihan yang diberikan dapat diaplikasikan dan dipraktekkan dengan baik, serta kerajinan bunga yang mereka buat memiliki fungsi dan nilai ekonomi.

Dari kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari anak-anak dan para remaja, mereka sangat antusias dalam mencoba membuat buket bunga dari kertas. Anak-anak dan para remaja dari Gampong Blang Tho berjumlah 25 orang, dalam kegiatan ini saya dibantu oleh teman-teman KKN kelompok P029 dalam mengajarkan pelatihan pembuatan buket bunga dari kertas ini. Lokasi pelatihan pembuatan buket bunga adalah di Meunasah Gampong  Blang Tho.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah menambah bakat serta kreatifitas anak-anak dan para remaja Gampong Blang Tho, khususnya bakat dalam bidang kerajinan tangan dari bahan kertas. Keterampilan bukanlah bakat yang bisa saja didapatkan tanpa melalui proses belajar intensif dan bukanlah merupakan kelebihan yang diberikan sejak lahir tanpa adanya usaha. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan anak-anak dan para remaja dapat lebih berinovasi dalam membuat kerajinan tangan serta dapat memanfaatkan kerajinan tangan yang mereka buat sebagai usaha bisnis mereka nantinya.

Source http://webblogkkn.unsyiah.ac.id http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/blangtho14/belajar-membuat-buket/
Comments
Loading...