Pelatihan Kerajinan Decoupage Di Desa Gamplong

0 181

Pelatihan Kerajinan Decoupage Di Desa Gamplong

Produk kerajinan berbahan serat alam menjadi salah satu produk andalan yang dihasilkan oleh pengrajin di Desa Gamplong, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman dan selama ini banyak diminati oleh konsumen. Meski demikian, hal tersebut tak membuat masyarakat setempat puas diri dan tak mau berinovasi.

Buktinya, 26-28 Mei 2018, bersama Tim Program Kemitraan pada Masyarakat (PKM) Prodi Manajemen UMBY, warga menjalani pelatihan inovasi produk. Kali ini, warga Gamplong mempelajari seni Decoupe yang sejak dua tahun terakhir diminati pecinta seni.

Audita Nuvriasari, SE, MM dan Drs. Raswan Udjang, M.Si yang merupakan bagian tim PKM UMBY secara langsung turun dan memberikan pelatihan pada masyarakat Gamplong. Seni Decoupage diaplikasikan pada hasil kerajinan seperti tas, dompet, hiasan dingin dan beberapa kreativitas warga lainnya.

“Dengan perpaduan Seni Decoupage ini, kerajinan yang dihasilkan warga jadi punya corak yang lebih menarik dan berkelas. Harapannya bisa meningkatkan nilai jual kerajinan serat alam dan berdampak pada kesejahteraan warga Gamplong,” ungkap Audita Nuvriasari.

Tak hanya itu, warga Gamplong juga diberikan pelatihan memvariasikan limbah sisa produksi yang berupa kain tenun dan serat alam yang dimodifikasi menjadi aneka asesoris seperti kalung, bando dan bross. “Warga sebenarnya sudah menyadari potensi tersebut dan kami berusaha untuk membantu agar semakin menarik minat konsumen untuk membeli produk karya masyarakat Gamplong,” pungkasnya.

Comments
Loading...