Pelatihan Kerajinan KKN UNS Di Desa Sooka

0 116

Pelatihan Kerajinan KKN UNS Di Desa Sooka

KKN UNS menggelar pelatihan membuat kerajinan tangan dari kain flanel dan tali kur di Balai Desa Sooka, Kecamatan Punung, Pacitan. Pelatihan kerajinan tangan ini diikuti oleh ibu-ibu PKK Desa Sooka selama 3 kali pertemuan, yaitu pada tanggal 19 Juli 2018, 26 Juli 2018 dan 09 Agustus 2018. Kerajinan tangan yang dibuat berupa dompet, bross kerudung, dan gantungan kunci dari kain flanel serta vas dinding dari tali kur.

Melalui pelatihan kerajinan tangan ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan bagi ibu-ibu PKK Desa Sooka dalam berbagai segi kehidupan, misalnya dapat dijadikan bekal untuk membuka usaha yang pada akhirnya dapat menambah penghasilan keluarga.

Ketua PKK Desa Sooka, Ibu Indra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan kerajinan tangan diharapkan dapat memberi manfaat bagi ibu-ibu di desa tersebut. “Dengan adanya pelatihan kerajinan ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi ibu-ibu serta dapat menambah pemasukan bagi keluarga. Selain itu, juga sebagai penambah kegiatan bagi ibu-ibu ketika berada di rumah,” tuturnya.

Kegiatan pelatihan kerajinan tangan ini diikuti oleh 30 ibu-ibu PKK Desa Sooka,  masing-masing perwakilan setiap dusunnya sejumlah 3 orang. Pada setiap pertemuan diberikan masing-masing satu pelatihan, yaitu pelatihan membuat dompet dari kain flanel, pelatihan membuat bross kerudung dan gantungan kunci dari kain flanel, serta pelatihan membuat vas dinding dari tali kur. Seluruh  bahan-bahan pelatihan telah disediakan oleh Tim KKN.

Salah satu perwakilan dari Dusun Thukul, Sri Rejeki, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Dengan adanya pelatihan keterampilan, ibu-ibu PKK Desa Sooka dapat berkumpul untuk silaturahim karena jarang ada forum untuk kumpul satu desa. Selain itu, dapat menambah ilmu baru bahwa kain flanel dapat dibuat sesuatu yang menarik, tidak hanya dibuat kaos. Kalau orang yang mengikuti pelatihan kreatif dan ada modal, ketika dipraktikkan maka akan menambah pendapatan ekonomi, “ ujarnya.

Source http://sooka.kabpacitan.id http://sooka.kabpacitan.id/index.php/first/artikel/52-KKN-UNS-GELAR-PELATIHAN-KERAJINAN-TANGAN-UNTUK-IBU-IBU-PKK-DESA-SOOKA
Comments
Loading...