Pelatihan Kerajinan Tangan Tas Di Barru

0 36

Pelatihan Kerajinan Tangan Tas Di Barru

Dinas Pariwisata (Dispar) Barru menggelar pelatihan kerajinan tangan untuk kelompok ibu-ibu se-Kabupaten Barru. Pelatihan kerajanan tangan itu digelar di Bola Pitue Padongko, Kelurahan Mangngempang, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Dinas Pariwisata Barru, Andi Syarifuddin mengatakan, pelatihan kerajinan tangan tersebut menjadi tupoksi Dispar Barru karena masuk dalam salah satu sub sektor usaha ekonomi kreatif.

Dalam pelatihan itu, Dispar Barru menggandeng Dekranasda untuk mengajarkan kepada para ibu-ibu terkait cara membuat produk kerajinan tangan.

“Kita gandeng Dekranasda Barru untuk pelatihan kerajinan tangan kali ini, tentu sebagai Dinas Pariwisata yang memiliki fungsi ekonomi kreatif bisa melatih para ibu-ibu yang terpilih sebagai peserta,” kata Syarifuddin.

Dikatakannya, pelatihan kerajinan tangan itu akan berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 15 – 17 September 2018. “Kegiatan pelatihan (kerajinan tangan) ini akan dilakukan selama tiga hari, dimulainya sejak kemarin. Selama tiga hari ke depan semoga mereka bisa memaksimalkan kegiatan ini,” ujar Syarifuddin.

Syarifuddin berharap, ke depan kegiatan pelatihan kerajinan tangan dapat terlaksana secara rutin agar pengembangan produk khas Barru dapat lebih meningkat.

Instruktur pelatihan kerajinan tangan, Sitti Nurdaliah menambahkan, dalam pelatihan tersebut sedikitnya diikuti oleh 40 peserta ibu-ibu se-Barru.

“40 peserta kerajinan tangan ini berasal dari tujuh kecamatan yang ada di Barru. Dari mereka diantaranya ada yang dari kelompok tim penggerak PKK dan Dasa Wisma,” ucapnya.

Adapun jenis pelatihan kerajinan tangan yang diajarkan kepada peserta yakni antara lain, membuat tas rajut, tas dari tali kur, membuat bros dan tas-tas pesta yang terbuat dari bahan karton.

“Hasil dari kerajinan tangan para ibu-ibu nantinya bisa dipamerkan melalui acara-acara pameran Pemkab Barru dan bisa menjadi oleh-oleh bagi masyarakat yang berkunjung ke Barru,” tutur Nurdaliah.

Nurdaliah juga berharap, dari pelatihan ini bisa menjadi bekal untuk peserta dalam membuat produk dari hasil kreatifitas sendiri, sehingga dapat menambah perekonomian.

Source https://video.tribunnews.com/ https://video.tribunnews.com/view/63825/lihat-kreasi-ibu-ibu-di-kabupaten-barru-membuat-tas-kerajinan-tangan
Comments
Loading...