Perajin Batako Di Cimahi Gunakan Limbah Batu Bara

0 158

Perajin Batako Di Cimahi Gunakan Limbah Batu Bara

Dinas Lingkungan Hidup Cimahi dalam waktu dekat akan membangun Tempat Penampungan Sementara (TPS) limbah batubara di Kampung Ciseupan, Kota Cimahi. Tempat tersebut sengaja dipilih karena merupakan pusat perajin industri pembuatan batako.

Puluhan perajin salah satunya Luky di daerah tersebut kebanyakan menggunakan limbah batubara sebagai bahan baku pembuatan batako. Limbah tersebut diperoleh dari buangan pabrik yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar proses produksinya. Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup Cimahi, sedikitnya ada 34 indsutri yang berbahan bakar batubara.

“Industri umumnya sudah mengelola limbah batubara yang dihasilkan dari proses produksi, tapi belum menangani lebih lanjut buangan sisa limbah yang telah diproses harus disalurkan ke mana,” tutur Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup Cimahi Win Wulandiati.

Menurut Win, saat ini Dinas Lingkungan Hidup baru sampai pada tahap menginventarisasi pembuangan limbah batubara oleh industri untuk mengetahui seberapa banyak yang membuang secara sembarangan. Baru selanjutnya dibangun TPS tersebut, dengan harapan bisa bermanfaat juga bagi pengrajin batako karena akses terhadap bahan baku bisa lebih mudah.

Source http://www.pikiran-rakyat.com Perajin Batako Di Cimahi Gunakan Limbah Batu Bara
Comments
Loading...