Purwonegoro, Sentra Kerajinan Bambu

0 275

Di Purwonegoro, Banjarnegara terdapat pusat kerajinan bambu. Kebanyakan angota masyarakat bambu hanya dimanfaatkan untuk membuat kerangka rumah, usuk, atau reng. Namun warga Purwonegoro mengolah bambu menjadi berbagai bentuk benda kerajinan.

Berbagai bentuk kerajinan dari bahan bambu diolah oleh tangan-tangan terampil yang kebanyakan terdiri dari kaum ibu dan remaja putri, salah satu dari perajin nya adalah Surati. Produk kerajinan yang paling banyak dipasarkan adalah alat-alat dapur. Di samping itu ada berbagai kerajinan, seperti caping, langit-langit, hiasan dinding, dan gantungan lampu hias.

Purwonegoro sebenarnya telah berlangsung sejak lama. Hal itu ditandai dengan dibukanya pasar bambu di sekitar pasar Purwonegoro, sekitar 10 kilometer arah barat dari kota Banjarnegara. Pasar ini difungsikan sebagai pusat penjualan bambu dan hasil olahannya.

Selama ini kerajinan mengolah bambu masih dikelola oleh rumah tangga dan hanya dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Warga melakukan pekerjaan ini di sela-sela kesibukannya bertani. Hasil kerajinan dijual kepada pengepul atau dipasarkan langsung di pasar-pasar tradisional.

Meski pengrajin di Purwonegoro cukup produktif, ada berbagai kendala yang menghambat perkembangan usaha mereka. Salah satu kesulitan yang mereka temui adalah pemasaran. Selama ini produk kerajinan masih dipasarkan langsung kepada konsumen sehingga kuota produksi tidak mengalami perkembangan yang signifikan.

Kendala lainnya, sesama perajin masih sering berebut pasar. Kurangnya koordinasi antar pengrajin membuat mereka saling mendahului jika menemukan pasar yang dianggap potensial. Akibatnya terjadi persaingan antar pengrajin sendiri. Kendala tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan membentuk kelompok usaha atau koperasi. Dengan kelompok usaha, pengrajin diharapkan memperoleh kemudahan memasarkan produk olahannya.

Source Purwonegoro Sentra Kerajinan Bambu Purwonegoro Sentra Kerajinan Bambu
Comments
Loading...