Seni Kerajinan Mozaik Kain Cantik di Jakarta

0 246

Seni Kerajinan Mozaik Kain Cantik di Jakarta

Sebuah bedcover berwarna merah muda dengan aneka motif dan warna beragam terpampang cantik di sebuah dinding toko di Plaza Semanggi, Jakarta. Sepintas pandang, orang yang melihatnya pasti akan tertarik. Warnanya yang kalem dan desain yang unik membuat orang penasaran untuk memegangnya. Tak disangka bedcover itu terbentuk dari mozaik potongan-potongan kain aneka motif yang dijahit dengan teknik seperti menjelujur sehingga ada efek timbul. Inilah yang disebut seni patchwork dan quilting.

Bagi yang belum tahu, patchwork adalah seni menyatukan kain. Seni ini berbeda dengan menyatukan kain perca pada umumnya. Dalam seni patchwork, bukan kain sisa yang digunakan dan tidak asal tempel, seperti seni kain perca. Susunan kainnya terencana sehingga membentuk suatu gambar atau bahkan “bercerita”. Kain yang digunakan dalam teknik patchwork adalah kain utuh yang kemudian dipotong sesuai dengan pola, kemudian dijahit membentuk desain yang diinginkan. Kain yang dijahit itu kemudian dilapisi silikon lembaran dan kain utuh sebagai backing. Setelah ketiga lapisan itu disusun, barulah dijahit dengan teknik quilting. Teknik jahitannya seperti jelujur, jahitannya mengikuti desain sehingga ada efek timbul pada kain.

Banderol harga sebuah bedcover dengan teknik ini cukup mahal. Harganya mencapai Rp 4 juta per potong. Maklum saja jika mahal, ini merupakan bagian kerajian tangan dan bahannya juga berkualitas. “Meski mahal, peminatnya cukup banyak. Pembeli suka karena motif dan desainnya yang lucu-lucu,” kata Eka Yunita, pemilik toko Kreasiku Craft Corner di  Plaza Semanggi, Jl. Jendral Sudirman Kav – 50 No.Lt. 2, No.97, RT.1/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan

Eka mengaku, dalam sebulan bila menjual 2-3 bed cover seharga Rp 4 juta per buah. Belum termasuk produk lain, seperti tas, sarung bantal, tutup galon. Eka melego produk patchwork dan quilting mulai harga Rp 80.000 – Rp 4 juta per item. Margin penjualannya mencapai 50%. Dalam sebulan, dia bisa memperoleh omzet sekitar Rp 10 juta – Rp 15 juta.

Source Seni Kerajinan Mozaik Kain Cantik di Jakarta Seni Kerajinan Mozaik Kain Cantik di Jakarta
Comments
Loading...