Seni Lukisan Dari Pelepah Pisang Di Situbondo

0 463

Seni Lukisan Dari Pelepah Pisang Di Situbondo

Selama ini pelepah pohon pisang identik dengan sampah. Apalagi jika kondisinya sudah kering, pelepah pohon pisang sering dimusnahkan begitu saja dengan cara dibuang dan dibakar. Namun di tangan pria asal Situbondo ini, pelepah pohon pisang kering justru bisa menjadi bahan karya seni bernilai tinggi.

Taufiq Hasan, berhasil ‘menyulap’ pelepah pohon pisang kering menjadi aneka ragam lukisan yang cukup memikat. Mulai dari lukisan alam pedesaan yang asri, lukisan hewan liar, lukisan tokoh-tokoh nasional, dan lainnya. Lukisan berbahan pelepah pohon pisang kering itu dituangkan di atas ‘kanvas’ berbahan triplek atau kardus.

Taufiq Hasan, memulai usahanya di Dusun Blumbang RT 12 RW 04 Desa Wonokoyo, Kecamatan Kapongan, pelepah pohon pisang kering tampak berserakan di sisi barat teras rumahnya. Di antaranya terlihat sudah selesai dibentuk mirip aneka lukisan yang diinginkan. Seperti gambar kuda, mirip pohon kelapa, asesoris bangunan rumah, dan sebagainya.

Taufiq menciptakan kreativitas karya seni berbahan pelepah pisang kering itu sejak beberapa tahun terakhir. Awalnya, Taufiq prihatin melihat banyaknya pelepah pohon pisang depan rumahnya, yang selalu berujung jadi sampah. Setiap buah pisang di panen, pohon pisang pun ditebang lalu dibuang.

Source Seni Lukisan Dari Pelepah Pisang Di Situbondo Kreatif, Pria Ini Buat Lukisan Berbahan Pelepah Pisang Kering
Comments
Loading...