Sentra Batik Tulis Di Rembang

188

Pemerintah Kabupaten Rembang meluncurkan Babagan sebagai desa wisata kampung batik lasem. Ini sekaligus menambah deretan sentra batik yang sebelumnya hanya Karasgede-Lasem, serta Karaskepoh, Tuyuhan, dan Pancur Kecamatan Pancur.

 

Salah satu perajin, Hafidz tidak menetapkan target khusus pasca-peluncuran Kampung Batik Lasem kali ini. Baginya, yang penting adalah peningkatan kunjungan turis termasuk meluasnya pemasaran Batik Tulis Lasem.

“Banyaknya rumah bercorak China Kuno di wilayah Lasem perlu disandingkan guna memperkuat daya tarik wisatawan,” katanya seusai peluncuran itu.

Seperti halnya daerah lain di Indonesia, Kabupaten Rembang juga mempunyai warisan nenek moyang satu ini. Batik tulis Lasem begitu orang menyebutnya. Ciri khas dari Batik Tulis Lasem adalah motif pesisiran dengan corak yang unik yaitu warna dominan adalah merah dan biru. Berbagai motif juga sudah dikembangkan untuk menambah corak, warna dan keunikan Batik Tulis Lasem diantaranya adalah Motif Naga Kricak, Selendang sekar jagat Violet, Lerek gunung ringgit letohan dan masih banyak lagi motif – motif lainnya.

Source Sentra Batik Tulis Di Rembang Sentra Batik Tulis Di Rembang
Comments
Loading...