Sentra Kerajinan Alat Musik Di Kulon Progo

0 204

Kerajinan Alat Musik

Tidak banyak orang yang tahu jika di Kulon Progo memiliki seorang pengrajin alat musik, tepatnya di Dusun Jetis, Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo. Japrak, biasa orang sekitar menyebut bapak yang mempunyai nama asli Joko Kuncoro.

Japrak Lutier Van Samigaluh, itulah nama rumah produksi kerajinan alat musik milik Pak Japrak. Pak Japrak adalah seorang penggemar musik. Oleh karena itu, ia diberi saran untuk membuat alat musik yang terbuat dari kayu. Perbedaan sangat dirasakan bapak dua anak tersebut, dulu ia hanya bisa membuat kerajinan yang hanya dilihat saja, kini ia harus membuat kerajinan yang bisa dimainkan juga bisa dilihat.

Sampai saat ini, Pak Japrak sudah membuat berbagai macam jenis alat musik, khususnya alat musik tradisional. Ada gitar, sampek, gambus, rebab, alat keroncong, siter, kecapi, samisen, genggong (karinding), telempung, suling, bendungan, sasando, dll. Hasil karya Pak Japrak juga sudah di ekspor ke luar negeri, seperti di Timur Tengah, Afganistan dan Hawai. Pak Japrak juga masih percaya jika alat musik buatannya mempunyai roh untuk pemainnya

Source Sentra Kerajinan Alat Musik Di Kulon Progo Sentra Kerajinan Alat Musik Di Kulon Progo
Comments
Loading...