Sentra Kerajinan Anyaman Bambu Di Cilacap

0 348

Kerajinan Anyaman Bambu Cilacap

Perajin anyaman bambu di Desa Banjarwaru, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mampu bertahan dan berkembang. Penjualan mereka kini terus meningkat seiring melonjaknya permintaan produk rumah tangga berbahan anyaman bambu dalam beberapa waktu terakhir.

Saat ini terdapat sekitar 250 lebih perajin anyaman bambu di Desa Banjarmangu. Mereka membuat barang-barang rumah tangga seperti rinjing, pithi, tudung saji, tenggok, nampan, wadah sayur, basket, dan kukusan. Produk-produk kerajinan bambu asal Desa Banjarmangu kini sudah memasuki pasar ekpor seperti ke Malaysia, Singapura, Eropa, dan Jepang.

Asnarsih, salah seoarang perajin bambu mengatakan, di tahun 2008 ini, rata-rata permintaan per bulan di industrinya meningkat 30 persen dibanding rata-rata per bulan tahun 2007. Saat ini, per bulan rata-rata dia mampu menjual sebanyak 9.000 buah kerajinan bambu.

Kerajinan-kerajinan itu dijualnya ke perusahaan-perusahaan di Jakarta, Bandung, Bekasi, dan Yogyakarta. Dia menuturkan, kenaikan permintaan produk anyaman bambu itu terkait dengan meningkatnya minat masyarakat, baik di dalam maupun di luar negeri untuk menggunakan produk berbahan baku bambu. Selain memiliki nilai seni, produk berbahan baku bambu relatif murah, ringan, dan bentuknya bisa bermacam-macam.

Berkat ketekunannya dalam pengembangan usaha kerjinan bambu, Asnarsih bersama suaminya, Hadi Tuslam, pada tahun 2007 silam mendapat penghargaan upakarti dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Source Sentra Kerajinan Anyaman Bambu Di Cilacap Sentra Kerajinan Anyaman Bambu Di Cilacap
Comments
Loading...