Sentra Kerajinan Bambu Di Garut

0 573

Sentra Kerajinan Bambu

Harry Anugrah Mawardi, lulusan ITB Jurusan Desain Produk Fakultas Seni Rupa dan Desain pada 2009, merubah nasib para pengrajin bambu yang ada di Kabupaten Garut Jawa Barat. Dari coretan-coretan pena pada selembar kertas, Harry Anugrah Mawardi dan kawan-kawannya mengubah bilah-bilah bambu menjadi benda bernilai tinggi. Bambu tidak lagi ditempatkan sebagai pagar rumah atau dipotong-potong menjadi tusuk sate. Tapi sudah menjelajah sampai benua lain. Mengisi ruang tamu rumah-rumah mentereng dan kafe-kafe eksklusif.

Potensi perajin bambu Indonesia untuk menghasilkan produk yang dapat bersaing di pasar global, menurut Harry, cukup besar. Kendalanya, perajin tidak memiliki akses pasar sehingga produk kerajinan bambu yang dihasilkan terbatas dari segi model dan dihargai murah. “Saya dan dosen-dosen sempat membuat brand untuk sejumlah kerajinan selama dua tahun, tapi terhenti,” ujar pria kelahiran Bandung, 30 tahun lalu, itu.

Beberapa hari kemudian, ia kembali ke kampung itu untuk menawarkan ide membuat produk-produk kerajinan bambu yang baru selain sangkar burung dan anyaman. Ternyata ide tersebut mendapat sambutan hangat. Sebab, ramai-sepinya penjualan sangkar burung itu ternyata ada musimnya. Penjualan ramai ketika ada kompetisi burung. Dalam satu tahun, ada dua bulan di mana tidak ada pesanan sangkar burung. “Pada bulan puasa dan Lebaran,” ujarnya. Para perajin menyadari mereka membutuhkan alternatif agar roda usaha bisa berkelanjutan.

Pada awal 2014, merek Amygdala Bamboo akhirnya diluncurkan. Harry menggandeng perajin asal Desa Mekarsari, Selaawi. Sinergi ini menghasilkan desain-desain baru yang kreatif dan inovatif. Mulai lampu meja dan gantung, vas bunga, bangku, gelas keramik dengan pegangan bambu, jam, sampai kalung. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah per produk. Uniknya, sebagian besar kerajinan bambu yang diproduksi menyerupai sangkar burung dengan bentuk tabung dan memiliki jeruji bambu. Harry menyebutnya teknik lattice atau kisi-kisi.

Source Sentra Kerajinan Bambu Di Garut Sentra Kerajinan Bambu Di Garut
Comments
Loading...