Sentra Kerajinan Bambu Di Gianyar, Bali

0 322

Sentra Kerajinan Bambu Di Gianyar, Bali

Desa Belega terletak di kecamatan Blahbatuh dan terkenal dengan kerajinan bambunya yang dimulai dari kurun waktu 70an. Bamboo yang terkenal di desa ini adalah bamboo tutul. Para penggagasnya adalah bapak Mangku dan teman teman. Karena rasa sayang melihat bamboo bamboo itu hanya menjadi kayu bakar, bapak mangku mempunyai ide untuk mengolahnya menjadi kursi jengki.

Sejak itu, kerajinan berkembang menjadi lebih berwarna dan dibuat untuk menjadi kerajinan lain seperti lampu, rak, kitchen set bahkan rumah bamboo mungil. Kerajinan bamboo ini berkembang dan mengalami masa keemasan pada generasi ke 2, yaitu bapak mastra atau disebut juga Pak mangku mengembangkan bisnis ini dan mengekspor bamboo ini kemana mana.

Sekarang, desa belega masih tetap dengan predikatnya dengan menjadi nomor satu untuk kerajinan bamboo. Dan generasi ke 3 dari keluarga Pak Mangku masih eksis meneruskan kerajinan ini. Seluruh desa juga menekuni kerajerbinan ini dan sangat direkomendasikan untuk memilih kerajinan bamboo desa belega karena diolah oleh tangan tangan kreatif yang sudah berpengalaman membuat bamboo menjadi kerajinan yang anti rayap, ramah lingkungan dan pastinya cantik dipandang. Barang barang di gerai Pak mangku berkisar dari harga puluhan ribu ( barang barang kecil hiasan meja ) sampai harga puluhan juta.

Source Sentra Kerajinan Bambu Di Gianyar, Bali Desa Desa Kerajinan di Bali
Comments
Loading...