Sentra Kerajinan Bambu Di Lumajang

0 408

Sentra Kerajinan Bambu Di Lumajang

Di Desa Jatisari Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang terdapat sekelompok perempuan yang mengerjakan kerajinan tangan dengan bahan bambu, kelompok tersebut berhimpun dalam satu wadah kelompok yang dinamakan kelompok Sekarwangi. Anggota kelompok sekarwangi tersebut adalah para ibu ibu rumah tangga yang sehari – hari membantu para suami untuk menanam tembakau, disela sela kesibukannya itu para ibu – ibu mengisi waktunya dengan mengerjakan anyaman bambu.

Dengan berkembangnya pasar anyaman bambu maka muncul pula kreasi kreasi baru dari para ibu ibu tersebut. Yang tadinya hanya menganyam bambu untuk kelengkapan kebutuhan rumah tangga seperti bakul, nyiru dan lain lain, sekarang telah berkembang dengan kreasi cantik dengan membuat aneka jenis hantaran pengantin, barang barang yang dapat di jadikan aksesoris rumah seperti kap lampu, tudung saji, kopiah, tempat sendok dan kreasi kreasi cantik lainnya.

Dari keterangan yang disampaikan Ibu Wiwik selaku Ketua Kelompok Sekarwangi, bahwa minat belajar dari para anggota Kelompok Sekarwangi itu muncul karena ada permintaan pasar. Para pelanggan memesan barang anyaman bambu sesuai dengan selera pelanggan masing masing, sehingga Kelompok Sekarwangi sebagai perajin anyaman bambu dituntut untuk dapat memenuhi keinginan pelanggan. Oleh karena itu, untuk dapat memenuhi keinginan pasar semua anggota kelompok sekarwangi diarahkan untuk terus belajar dan mencoba karya dan motif baru.

Aktifitas kelompok sekarwangi di Desa Jatisari, tentu tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh instansi terkait, terutama Kecamatan Tempeh yang terus aktif mendorong tumbuh dan berkembangnya UMKM di desa tersebut.

Source Sentra Kerajinan Bambu Di Lumajang (KIM) NAWALA
Comments
Loading...