Sentra Kerajinan Mebel Bambu Di Purworejo

0 291

Kerajinan Mebel Bambu

Kabupaten Purworejo memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satunya tanaman bambu. Tak heran jika di kabupaten ini berkembang pesat sentra kerajinan produk mebel dari bambu. Sentra kerajinan mebel dari bambu terpusat di dua kecamatan yaitu Kecamatan Bener dan Kecamatan Bayan.
Kegiatan usaha kerajinan mebel ini mulai dirintis tahun 80an yang berawal dari ketertarikan beberapa pelaku usaha terhadap kerajinan mebel bambu dari daerah lain seperti yang banyak dijual di Bandung, sementara Bandung bukan merupakan daerah potensial penghasil bambu. Jumlah pengrajin bambu yang terdata pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Purworejo sekitar 70 orang pengrajin dengan 300 orang tenaga kerja. Salah satunya adalah Amirudin (Karya Abadi) Jl. Magelang KM.18 Ds. Kali Jambe Kec. Bener, Kab. Purworejo.
Bahan baku mebel bambu ada 3 jenis, yaitu bambu wulung/hitam, bambu tutul dan bambu petung. Ketiga bambu tersebut memiliki ukuran dan kualitas yang berbeda, sehingga penggunaannya juga disesuaikan dengan ukuran bambu tersebut. Bahan baku didapatkan  dari sejumlah wilayah Kabupaten Purworejo dengan kualitas terbaik bila dibandingkan dengan wilayah lain.
Selain dipasarkan di workshop, para pengrajin yang berada di Jalan Magelang dan Kecamatan Bayan juga memasarkan hasil kerajinannya dengan mengikuti berbagai macam pameran di sejumlah daerah dengan dibantu Dinas Koperasi dan UMKM Kabupetan Purworejo.
Source Sentra Kerajinan Mebel Bambu Di Purworejo Sentra Kerajinan Mebel Bambu Di Purworejo
Comments
Loading...