Sentra Kerajinan Bambu Di Sleman

0 543

Sentra Kerajinan Bambu Di Sleman

Desa Wisata Brajan merupakan salah satu dusun sentra kerajinan bambu yang terletak di desa Sendang Agung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 20 Km arah barat kota Yogyakarta.

Brajan dikenal sebagai desa wisata kerajinan bambu karena 98 persen penduduknya adalah perajin bambu. Nama Brajan diambil dari Kyai Braja Setiko, seorang pertapa yang mengajarkan anyaman dari bambu untuk keperluan upacara adat. Ketika Kyai Braja meninggal, desa itu dinamai Brajan. Waktu itu, penduduk setempat pencahariannya adalah petani. Diwaktu luang banyak yang membuat peralatan dapur dari anyaman bambu, besek, wakul dan pincuk.
Dusun Brajan mulai berkembang jadi pusat kerajinan bambu sejak tahun 1991. Salah satu perajin, yang merupakan generasi ketiga adalah Sulisman. Ia semula membuat 4 kerajinan bambu berupa kap lampu, tempat tisu, tempat buah dan tempat koran. Dulu dari simbah dan ayah hanya membuat cething dan peralatan dapur. Seiring dengan perkembangan jaman kerajinan bambu mengalami deversifikasi hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 110 jenis kerajinan bambu.
Source Sentra Kerajinan Bambu Di Sleman Sentra Kerajinan Bambu Di Sleman
Comments
Loading...