Sentra Kerajinan Bambu Di Sukabumi

0 572

Kerajinan Anyaman Bambu

Kerajinan anyaman bambu ternyata masih menjadi andalan warga Kp.Cisela Desa Citamiang Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Sebagian dari mereka menggantungkan hidupnya dari usaha ini, untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seperti yang dilakukan Baes Sudah 25 tahun lamanya, pria ini menggeluti dunia anyaman bambu.

“Meski sekarang sudah mulai banyak peralatan yang terbuat dari plastik, tapi Alhamdulilah peminat kerajinan anyaman bambu ini masih ada,”ujar Baes

Pria yang sudah menggeluti bisnis ini sejak 1985 silam ini mengaku, tidak pernah kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. Bahkan saat ini, ia sedang kebanjiran order untuk membuat tempat dodol yang terbuat dari anyaman bambu, untuk di kirim ke Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Meski permintaan pasar terus meningkat, namun saat ini Baes sangat sulit mendapatkan SDM yaitu karyawan. Pasalnya, sekarang ini banyak anak-anak muda yang lebih memilih untuk bekerja di pabrik, dibandingkan bekerja sebagai pengrajin anyaman bambu. Tidak hanya membuat kerajinan bambu untuk keranjang dodol, Baes juga sering membuat kerajinan anyaman bambu lainnya seperti piring, tempat gelas dan tempat lambu. Satu tempat dodol dijualnya Rp900/ biji. Rata-rata dalam sebulan, pendapatannya sekitar Rp1 juta. Namun, jika sedang kebanjiran order omsetnya bisa naik hingga dua kali lipat.

Source Sentra Kerajinan Bambu Di Sukabumi Sentra Kerajinan Bambu Di Sukabumi
Comments
Loading...