Sentra Kerajinan Barongsai Di Bogor

0 216

Sentra Kerajinan Barongsai Di Bogor

Menjelang tahun baru Imlek, para pengrajin Barongsai di Kota Bogor kebanjiran pesanan. Seperti halnya Lili Hambali, seorang pengrajin barongsai dan naga yang berada di Jalan Roda Gang Angbun RT3/3, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

“Untuk tahun baru Imlek peningkatan pesanan sama saja seperti tahun sebelumnya. Pesanan selain dari Kota Bogor ada juga dari luar kota seperti dari Medan, Jakarta dan Tangerang,” ungkapnya.

Untuk harga Lili mematok secara variasi tergantung pesanan. Barongsai yang menggunakan bulu domba impor dihargai Rp 5 juta, sedangkan untuk naga dihargai Rp7 juta. “Kalau untuk proses pengerjaan barongsai yang panjangnya dua meter paling lama selesai dalam seminggu, sedangkan naga bisa sampai 15 hari karena memiliki perbedaan khusus. Naga kontruksinya panjang bisa mencapai 18 meter,” imbuhnya.

Usaha yang sudah digeluti sejak tahun 2000 lalu itu, kini telah memberikan omset sebesar Rp5 juta sampai Rp30 juta perbulan. Meski begitu, Lili mengungkapkan, usahanya itu kendala susahnya mendapatkan bulu domba karena harus import.

Ditempat yang sama, salah satu pelanggan, Guruh (22) mengaku sudah menjadi pelanggan sejak usaha Lili berdiri. Menurutnya, selain akses yang ditempuh tidak terlalu jauh dari harga pun terjangkau. “Saya pesan Barongsia untuk digunakan pada perayaan hari raya Imlek, dan buat persiapan turnamen Baraongsai tanggal 28 Februari nanti, di BTM,” tandasnya.

Source http://bogorplus.com http://bogorplus.com/index.php/bogor-raya/item/7338-pengrajin-barongsai-kebanjiran-pesanan
Comments
Loading...