Sentra Kerajinan Batik Di Bantul

0 197

Kerajinan Batik

Sudah sejak lama kawasan Pajangan, Bantul dikenal sebagai salah satu sentra batik yang tersohor. Pajangan adalah sebuah area yang terletak di sisi timur selatan Jogja. Di daerah ini dapat menemukan puluhan rumah warga yang sekaligus merangkap sebagai galeri yang menawarkan kain batik beragam motif khas Bantul. Motif batik Bantul sering pula disebut dengan nama batik Bantulan. Tak hanya menyediakan beragam kain batik cantik, namun desa wisata batik ini juga menawarkan beragam jenis busana berbahan kain batik.

Salah satu perajinnya yaitu Ibu Wijirejo, batik Wijirejo menawarkan tiga  jenis batik yaitu batik tulis, batik cap dan batik kombinasi yang dilukis diatas bahan mori biasa, doby, shantung dan sutera. Harga batik ditentukan dari bahan dan  teknik membatik yang digunakan untuk memproduksi batik itu sendiri. Batik cap dijual dibanderol dengan harga under 100 ribu rupiah, sedangkan batik tulis dibanderol dengan harga ratusan ribu rupiah. Selain menawarkan beragam jenis kain batik.

Desa Wijirejo juga menyediakan beragam produk kerajinan batik seperti kemeja, atasan wanita dan gamis. Jika sedang beruntung, Anda juga dapat menyaksikan proses pembuatan batik, seperti ibu-ibu yang sedang menorehkan malam cair di kainHasilnya, seperti yang dapat dilihat saat ini. Desa Wijirejo menjadi salah satu sentra batik Bantul ternama. Tak jarang wisatawan yang sedang berlibur di Jogja meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Wijirejo. Tak hanya merajai pangsa lokal dan nasional, batik yang dihasilkan dari salah satu desa di Kabupaten Bantul ini bahkan telah diekspor di luar negeri, Jepang misalnya.

Source Sentra Kerajinan Batik Di Bantul Sentra Kerajinan Batik Di Bantul
Comments
Loading...