Sentra Kerajinan Batik Di Bekasi

0 417

Sentra Kerajinan Batik Di Bekasi

Pengrajin batik khas Betawi di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berharap pemerintah setempat menjadikan produksi rumahan mereka sebagai ikon daerah. Harapan itu disampaikan Ernawati, pemilik usaha Serasi Batik Betawi, di Kampung Kebon Kelapa RT002 RW005, Desa Segarajaya, Tarumajaya, Bekasi, dalam rangka Hari Batik Nasional.

“Kabupaten Bekasi selain banyak menyimpan potensi dari hasil kekayaan seperti minyak bumi, perikanan maupun situs-situs prasejarah, juga tersimpan eksotik kerajinan tangan warga pribumi, salah satunya batik saya ini,” ujarnya.

Secara umum, kata dia, pembuatan batik Tarumajaya tidak jauh berbeda dengan batik Pekalongan. Motif batik betawi lebih menggambarkan ciri khas daerah Bekasi, seperti mangon (gotong-royong), dana nandur (tanam mundur), dan rawa.

“Inilah ciri khas batik betawi, selain ada motif rumah adat betawi, gambang kromo dan ondel-ondel,” katanya. Dia mengatakan, batik betawi sudah menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia timur, seperti Lombok, Makassar dan Medan.


“Pemasarannya hingga ke wilayah Jakarta yang dipasarkan ke sekolah, universitas hingga dharma wanita,” katanya. Sejumlah ibu rumah tangga di kampung tersebut, kata dia, berprofesi sebagai penjahit dan pembuat motif batik guna menambah pemasukan suami setiap bulannya.

“Biasanya, ibu rumah tangga di kampung ini lebih memilih membuat batik daripada berdiam diri menghabiskan waktu,” katanya. Dia berharap, batik betawi menjadi produk lokal yang bisa dibanggakan selain sebagai daya tarik pariwisata daerah.

Menurut dia, hingga saat ini baru Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Bekasi saja yang sudah menjadikan Batik Betawi Tarumajaya sebagai seragam resmi yang wajib dipakai sepekan sekali. “Kami berharap Pemda Kabupaten Bekasi juga mengikuti langkah yang sama,” katanya.

Source https://megapolitan.antaranews.com https://megapolitan.antaranews.com/berita/3002/pengrajin-harapkan-batik-tarumajaya-jadi-ikon-bekasi
Comments
Loading...