Sentra Kerajinan Batik Di Bekasi

0 206

Kerajinan Batik

Berawal dari kecintaannya terhadap batik, Ernawati kini sibuk mengembangkan batik dengan ciri khas Bekasi. Di sanggarnya yang berada di pelosok Perkampungan Kebon Kelapa, Bekasi, Jawa Barat, sejak empat bulan lalu dia membina sekitar 20-an remaja wanita dan pria untuk belajar membatik.

Berkat ketekunan mereka, sanggar batik ini mulai berkembang dan telah menerima order bahkan dari luar daerah hingga dunia internasional. ’’Ke depannya, semua warga, khususnya remaja di Kampung Kebon Kelapa untuk berlatih membatik hingga semua keluarga di kampung ini bisa membatik dan menjadikannya sebagai lapangan pekerjaan,” katanya.

Batik yang dihasilkan dari sanggarnya itu terlihat pada motif-motif selalu menyisipkan sebuah budaya Bekasi, khususnya budaya pinggiran dan pesisir. Selain dituangkan melalui batik cap, budaya Bekasi itu juga dituangkan pada batik tulis.

Sementara itu dukungan tersebut juga datang dari Kepala Desa Senggarajaya, H. Romli yang mengaku sangat mendukung Desanya sebagai Sentra Batik Bekasi. Namun sayangnya kata dia penuh kekecewaan karena jalan lingkungan menuju Kampung Kebon Kelapa rusak parah, lantaran anggaran perbaikan bantuan provinsi sebesar Rp1,6 miliar lalu tidak diserap.

’’Kalau anggaran itu diserap, mestinya jalan menuju Kampung Kebon Kelapa ini sudah geleser-geleser, sehingga peminat batik buatan khas warganya itu bisa banyak diminati oleh semua kalangan karena infrastruktur menuju Sanggar bisa dilalui,” katanya.

Source Sentra Kerajinan Batik Di Bekasi Sentra Kerajinan Batik Di Bekasi
Comments
Loading...