Sentra Kerajinan Batik Di Cianjur

0 201

Sentra Kerajinan Batik Di Cianjur

Perajin batik Cianjur banyak yang terinspirasi dari keindahan alam Cianjur dalam pembuatan motif Batik Cianjur. Karena kehidupan yang agraris, motif batiknya lebih banyak menggambarkan hasil pertanian. Motif dan warna-warna kainnya tidak jauh dari tumbuhan yang hidup di sekitar Cianjur. Umumnya warna yang dipakai dalam batik Cianjur mendekati warna tanah, daun atau bulir padi. Motif batik yang terinspirasi dari budaya dan keseharian masyarakat Cianjur. Motif Batik Cianjur yaitu motif beasan, motif kacapi suling, maenpo, dan hayam pelung, dan lain sebagainya.

Bagi para wisatawan atau warga lokal yang mencari batik Cianjur dapat mengunjungi sentra batik Cianjur terdapat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Gang Masjid Salman Alfarisi, RT 22/RW 02, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Dan juga di Rumah Batik CK pemiliknya adalah Cici Kurnia di Jalan KH. Hasyim Azhari No. 40 Warujajar, Cianjur.

Sangat diperlukan kontribusi dari pemerintah daerah dan semua elemen masyarakat supaya warisan budaya ini bisa tetap dilestarikan, dikembangkan dan menjadi aset budaya yang tak ternilai. Batik Cianjur menjadi harapan dan keinginan semua pihak dalam mewujudkan tatanan pengembangan ekonomi yang berbasis budaya lokal. Karena, bila terus ditingkatkan produksinya, tentu akan tercipta usaha-usaha pemberdayaan ekonomi rakyat yang bisa tumbuh dengan pesat.

Batik Cianjur di sisi lain akan menjadi peluang ekonomi atau usaha baru yang dapat mendorong pertumbuham ekonomi, baik mikro maupun makro. Tumbuhnya sentra- sentra usaha baru baik kelompok usaha bersama (KUB) maupun perorangan, akan mendorong pendapatan dan pertambahan nilai bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Source https://fitinline.com https://fitinline.com/article/read/batik-cianjur/
Comments
Loading...