Sentra Kerajinan Batik Di Cilacap

0 157

Kerajinan Batik Tulis Cilacap

Cilacap mempunyai potensi besar pada kerajinan batik. Sentra produksi batik di Kabupaten Cilacap sekarang ini ada di Kecamatan Maos Cilacap serta lalu berkembang ke Nusawungu serta sebagian desa di lokasi Cilacap sisi timur. Produksi batik Cilacap dikelola oleh 2 grup usaha wanita Batik Rajasa Mas Di desa Maos Lor yg diketuai Euis Rohaini serta Kencana Desa Maos Kidul yg diketuai Ny Maryo.

Menurut cerita, seni batik dibawa golongan bangsawan yg datang ke Maos lebih kurang era ke-18 serta konon tuturnya batik catat Maos adalah karya warisan saat Pangeran Diponegoro. Dari waktu itu, seni batik catat mulai dikenalkan serta sampai sekarang ini di kenal dengan batik catat Maos.

Product batik catat tradisional asli Cilacap cukup diminati beberapa kolektor batik di Asia Tenggara, Korea, Jepang serta Eropa. Saat ini product itu juga telah dapat didapati di Julia Van Causal Boutiq, Toohool Boutiq serta Sossumi Boutiq di London, Inggris serta beberapa butik di Belanda.

Tak hanya laku di pasaran Internasional, batik catat Maos, Cilacap sekarang ini mulai digemari kelompok pejabat seperti DPRD Provinsi Jawa Tengah yg sudah pesan sejumlah 100 potong. Beberapa butik artis di Jakarta juga jual batik ini, diantaranya Angelina Sondakh Boutiq, Ida Royani Boutiq serta Oskar Lawalata Boutiq.

Batik Cilacap mempunyai pilihan warna classic sebagai ciri khas batik catat Maos yaitu coklat, hitam serta putih dan warna – warna yg berani, yakni biru, hijau, atau kuning. Untuk motifnya, biasanya mengambil motif lingkungan lebih kurang, seperti tumbuh-tumbuhan, binatang, serta benda-benda alam yang lain seperti motif classic (Gandasuli, rujak sente) serta Motif Kontemporer (tumbuhan khas Cilacap : Motif Buah Jeruk, Buah Gowok, tumbuhan, serta sungai Serayu). Beberapa orang Eropa lebih suka pada motif classic dengan warna alami seperti kulit mahoni serta Jalawe.

Source Sentra Kerajinan Batik Di Cilacap Sentra Kerajinan Batik Di Cilacap
Comments
Loading...