Sentra Kerajinan Batik di Lampung

0 188

Sentra Kerajinan Batik di Lampung

Bermodal pengalaman yang cukup dalam bidang memproduksi Batik Lampung, Gatot Kartiko membuka kemitraan kepada masyarakat disekitar rumahnya menjadi pengerajin batik. Bahkan hal itu juga dilakukan ke kalangan pelajar dengan cara memberikan pelatihan membatik bermotifkan khas Lampung.

Gatot Kartiko adalah salah satu pemilik Batik Gabovira, mengatakan kegiatan membatik dengan masyarakat sekitar dengan seluruh pengerajin adalah wanita sudah dimulainya sejak tiga tahun lalu. Kegiatan ini dilakukan agar daerah Kemiling dapat menjadi suatu Sentral Batik Lampung.

“Kemitraan ini sudah mulai sejak tiga tahun lalu. Sebenarnya tujuan saya itu ya supaya di daerah Kemiling ini bisa jadi Sentra Batik Lampung. Nantinya bisa jadi sektor pariwisata dan pelatihan juga kan, banyak manfaatnya,” ujarnya kepada media online Lampung.

Kemitraan yang dilakukan oleh warga sekitar ini berkaitan juga dengan produksi batik tulis yang harus terus diproduksi dan dipasarkan setiap bulannya, sehingga jika stok batik tulis yang ada di Batik Gabovira dibawah 200, pengerajin-pengerajin tersebut dipintanya untuk memproduksi kembali.

Gatot juga mengungkapkan pengerajin ditempatnya rata-rata adalah buruh cuci, pembantu rumah tangga dan ibu-ibu lainnya. Gatot membagi kelompok untuk setiap pengerajin, setiap kelompok berisikan lima anggota yang rumahnya berdekatan agar efisien dalam pengerjannya. Menurutnya daerah Kemiling memiliki potensi yang sangat luar biasa dalam hal pengerajin batik. Pencapaian Gatot yang belum terealisasi yakni mewujudkan Kemiling menjadi Sentral Batik dan hingga kini pemerintah belum pernah menyentuh dan memerhatikan gagasannya ini

Gatot juga berharap pemerintah dapat membantu pengerajin-pengerajin dengan cara dibina dan dibantu modal serta pemasarannya. Dia mengaku tidak sanggup jika harus memproduksi batik tulis setiap hari. Seandainya pemerintah bisa “melihat ini” pasti pengerajin-pengerajin tersebut dapat leluasa memproduksi batiknya setiap hari dan membuka usaha dirumahnya masing-masing.

Source https://infobatik.id/sentra-pengrajin-batik-lampung/ https://infobatik.id/sentra-pengrajin-batik-lampung/
Comments
Loading...