Sentra Kerajinan Batik Di Pamekasan

0 261

Sentra Kerajinan Batik Di Pamekasan

Batik yang pernah menjadi ikon Pamekasan ini, kini tidak lagi dapat menunjukkan taringnya sebagai salah satu daya tarik bagi investor. Terbukti batik Pamekasan tak lagi menjadi primadona di kancah pasar Nasional. Menyikapi hal ini, salah satu pengusaha nasional asal Pamekasan, Supriyadi, menyambangi pengrajin batik Pamekasan di dusun Tengginah dan dusun Banyumas desa Klampar, Kec. Proppo, Pamekasan.

Supriyadi dalam diskusi sederhana tersebut mengungkapkan, hal ini semestinya bisa menjadi perhatian bagi siapapun, bukan hanya pemerintah, namun semua pihak yang peduli dengan pengrajin batik tulis Pamekasan, apalagi jika tahu upah yang mereka terima dari setiap karya yang mereka tuangkan dalam kain tersebut,

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menghubungi semua rekanan saya agar bisa mengangkat kembali harkat dan martabat para pembatik ini, agar bisa memiliki kehidupan yang layak ke depannya” ungkapnya tegas

Taufiq, pengrajin asal dusun tengginah mengungkapkan dirinya hanya menerima pekerjaan membatik dari orang lain, dengan upah setiap dua yard (1,8 m) berkisar Rp.1.500-3000 dan dirinya mengakui tidak pernah mendapatkan bantuan dari siapapun baik dari pemerintah dan lainnya.

“Saya hanya menerima pekerjaan membatik dari orang lain pak dan Saya tidak pernah mendapatkan bantuan dari siapapun pak, baik Pemerintah maupun pihak perbankan” Ungkapnya ketika disinggung soal bantuan.

Kepala Desa Klampar, Badrussaleh mengungkapkan bahwa pihaknya benar-benar mengharapkan bantuan dari semua pihak untuk membantu para pembatik pamekasan ini, karena disadari atau tidak, Desa Klampar lah yang menjadi pusat kerajinan Batik di Pamekasan.

“Kami sangat mengharapkan bantuan dari siapapun, untuk membantu pembatik yang tidak mampu yang ada disini” tambahnya.

Kunjungan yang diakhiri di Rumah Kepala Desa Klampar ini, melahirkan kesepakatan, bahwa Supriyadi akan memberikan bantuan kepada pembatik yang benar-benar membutuhkan.

Source https://kilasmadura.com https://kilasmadura.com/2017/05/19/batik-pamekasan-sepi-peminat-pengusaha-kunjungi-sentra-pembatik/
Comments
Loading...