Sentra Kerajinan Batik Di Purbalingga

0 258

Sentra Kerajinan Batik Di Purbalingga

Seperti halnya kabupaten lain, Purbalingga juga memiliki kerajinan batik tulis yang memiliki nilai seni tinggi sebagai warisan leluhur. Sedikitnya ada dua motif batik khas Purbalingga yang menonjol, yakni lumbon (daun keladi) dan jahe serimpang, dengan dominasi warna hitam dan putih.

Pengrajin batik tulis khas Purbalingga bernama Rusmiti ini tersebar di lima kecamatan, salah satunya yakni Desa Dagan RT 02 RW 09 Kecamatan Bobotsari. Sementara sentra produksi batik tulis khas Purbalingga yang berkembang pesat tersebar di Desa Limbasari, Dagan, Tlagayasa, Palumbungan, Senon, dan Gambarsari.

Keberadaan batik tulis khas Purbalingga ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara dengan menjadikannya sebagai cendera mata. Sentra batik tulis Kabupaten Purbalingga merupakan sentra batik yang turun temurun. Tampilan batik tulis Purbalingga umumnya berbeda dengan batik klasik yang kita kenal. Batik tulis Purbalingga mempunyai ciri khas sendiri sebagai identitas yang mempunyai pola lebih ekspresif dan berani menampilkan pewarnaan yang cerah (soga tanah, merah, hijau, dan ungu). Corak atau klowong batik tulis Purbalingga dibuat besar sehingga rongga dasar kelihatan lebih lebar atau renggang, ornamen lebih bebas, dan penggunaan mata canting yang besar, menimbulkan efek pola secara keseluruhan lebih berani, lugas dan “blaka”.

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Kabupaten Purbalingga hingga saat ini telah mencatat ada 407 pengrajin batik. Mereka tersebar di lima kecamatan, Yaitu Bobotsari, Kalimanah, Bojongsari, Karangmoncol, dan Kemangkon.

Source Sentra Kerajinan Batik Di Purbalingga Sentra Kerajinan Batik Di Purbalingga
Comments
Loading...