Sentra Kerajinan Batik Di Sragen

0 181

Terletak di jantung kota Sragen, hanya beberapa puluh langkah kaki dari kantor Pemerintahan Kabupaten Sragen. SBBS dan Galeri Batik Sukowati merupakan pusat perbelanjaan dan sirkulasi kerajinan batik Sragen. Dua lokasi ini merupakan gerai penjualan para pelaku bisnis di bidang industri batik.

Galeri Batik Sukowati pertama dibuka pada bulan Februari 2005 yang terletak di Jl. Raya Sukowati No. 300, Sragen. Dan Sentra Bisnis Batik Sragen (SBBS) Sragen dibuka pada tanggal 5 Desember 2005, yang beralamat di Jl. Raya Sukowati No. 251 Sragen, Jawa Tengah.

Galeri Batik Sukowati dan SBBS menyediakan berbagai macam batik. Batik cap, printing maupun batik tulis dengan aneka motif dan warna. Baik dari tenun tradisional yang mengandalkan tangan manusia maupun tenun mesin. Bisa dipakai pria maupun wanita dan anak-anak. Produk yang dijual juga ada beberapa jenis. Seperti sarimbit, sarung, blus, pasmina, syal, kerudung, t-shirt, baju anak, tas, dompet, sandal serta aksesoris.

Harga yang ditawarkan variatif, Rp 25 ribu sampai Rp 5 juta. Batik yang harganya mahal terbuat dari kain sutra yang dipintal dan ditenun secara tradisional. Cara membatiknya juga tradisional. Yakni dengan batik tulis atau canting. Namun, kebanyakan pengunjung lebih memilih batik yang harganya antara Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu. Ada tiga wilayah produksi Batik Sukowati Sragen, yakni di Kliwonan, Pilang dan Plupuh, Sragen

Source Sentra Kerajinan Batik Di Sragen Sentra Kerajinan Batik Di Sragen
Comments
Loading...