Sentra Kerajinan Batik “Intan” Di Sukorejo

0 97

Sentra Kerajinan Batik “Intan” Di Sukorejo

Batik Intan merupakan usaha rumahan yang memproduksi kain batik. Usaha ini terletak Dusun Jeruk Kuwik Rt.03 RW.01 Desa Ngadimulyo, Kec. Sukorejo, Kabupaten Pasuruan.

Batik Intan berdiri sejak tahun 2010  dan didirikan oleh ibu Tu’ah Utari. Terbentuknya Batik Intan sendiri berawal dari ibu-ibu rumah tangga yang tidak mempunyai pekerjaan dan sekedar berkumpul biasa. Kemudian ibu-ibu tersebut mendapat beberapa macam kepelatihan, salah satunya yaitu pelatihan batik. Dan dari pelatihan itulah berlanjut menjadi usaha rumahan.

Untuk nama Intan sendiri diambil dari nama TBM (Tempat Baca Masyarakat) atau perpustakaan yang bernama Intan Pustaka, yang merupakan tempat dimana terbentuknya ide untuk mendirikan usaha Batik Intan ini.

Usaha yang didirikan oleh Ibu Tu’ah ini mempunyai 3 macam jenis kain batik, yaitu Batik Tulis, Batik Cap, dan Batik Jumputan. Untuk harganya pun bervariasi, tergantung ukuran, desain dan warnanya. Selain memproduksi kain batik, Batik Intan juga menyediakan batik yang sudah berupa barang jadi seperti baju. Usaha Batik Intan sekarang sudah mulai berkembang dan banyak mengikuti pameran-pameran, baik yang digelar di tingkat provinsi maupun ditingkat nasional.

Selain memproduksi batik, Batik Intan juga memberikan aksi sosial yaitu berupa memberi  pelatihan bagi anak-anak sekolah maupun warga sekitar yang ingin bisa membatik. Hal ini dilakukan Ibu Tu’ah karena ia ingin menyalurkan ilmunya, dan jika banyak masyarakat yang sudah bisa membatik maka akan dapat mengurangi jumlah pengangguran di lingkungan sekitar, dan bias membantu ekonomi keluarga.

Sasaran konsumen yang dibidik bisa dari semua kalangan. Sementara untuk cara pemasaran, Batik intan menggunakan banyak cara seperti melalui pameran baik pameran yang diadakan oleh pihak swasta maupun dinas pemerintahan, melaui online, maupun dari mulut kemulut.

Source https://www.wartabromo.com https://www.wartabromo.com/2016/06/03/batik-intan/
Comments
Loading...