Sentra Kerajinan Batik Khas Madiun

Perajin membatik kain di Sentra Batik Gemawang, Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1). Berdasarkan data Kementerian Perindustrian yang dirilis pada 2015, saat ini terdapat 47.755 unit industri kecil menengah (IKM) batik di Indonesia dengan serapan tenaga kerja mencapai 199.444 orang dan diperkirakan terus tumbuh pada 2017 ini. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/17.
0 338

Kerajinan Batik Khas Madiun

Daerah Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur adalah Sentra Kerajinan Batik di Madiun. Sentra kerajinan batik ini berwujud toko yang sangat sederhana. Salah satu perintis dari kerajinan batik asli Madiun ini adalah Pak Subiyono.

Di sentra nya. beliau menjelaskan banyak hal tentang proses pembuatan batik. Beliau juga mengatakan para perajin batiknya setiap hari memproduksi batik maka tempat tersebut akan penuh dengan batik-batik yang sedang diproses. Disini bisa berkesempatan melihat proses pewarnaan batik. Mereka cekatan sekali mewarnai lembaran-lembaran kain batik tersebut.

Pak Yono meng-klaim bahwa kain batiknya adalah yang paling murah di Indonesia. Malah Pak Yono bilang jika ada pengunjung bisa menunjukkan penjual batik yang menjual batik dengan kualitas yang sama dengannya tapi dengan harga lebih murah, maka Pak Yono akan memberi pengunjung tersebut 25 potong kain batik secara gratis!

Di toko tempat display kain batik itu, dipajang aneka sertifikat dan penghargaan yang telah diterima oleh sentra kerajinan batik tersebut. Ada juga beberapa trophy kejuaraan yang juga dipajang. Salah satunya adalah trophy sebagai juara ke-2 lomba desain batik dari RRI Madiun Tahun 2010.

Source Sentra Kerajinan Batik Khas Madiun Sentra Kerajinan Batik Khas Madiun
Comments
Loading...