Sentra Kerajinan Batik Lurik Di Gunung Kidul

0 176

Sentra Kerajinan Batik Lurik Di Gunung Kidul

Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen mempunyai produk unggulan yang perlu dikembangkan supaya menjadi produk unggulan di Gunungkidul.

Pasalnya pengrajin kain tenun lurik dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) ini sudah ratusan tahun ditekuni di desa ini, hampir semua dusun ada penggrajin tenun kain lurik , tetapi yang paling banyak di Dusun Grogol, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul.

Seperti yang diungkapkan oleh Sanem, warga Sambeng IV, mengatakan kalau ia melakukan pekerjaan menenun sudah sejak kecil hanya karena terbentur dana ibu yang usianya hampir kepala enam ini hanya buruh menenun.

Pantauan dilapangan, para pengrajin tenun kain lurik ini rata-rata ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah tua, karena mungkin meneruskan pekerjaan dari orang tuanya dulu. Pengrajin tenun kain lurik dengan ATBM ini sudah turun temurun dari nenek moyang dahulu.

“kendalanya saat ini adalah bantuan modal yang kurang terutama untuk pengadaan ATBM manual yang sesuai dengan standart dan alat-alat yang lain, kalau ada suntikan modal, karena permintaan order barang banyak maka jumlah pengrajin bisa ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” jelasnya.

Menurutnya selain itu  perlu ada jaringan kemitraan dengan beberapa pihak sebagai sponsor dan pendampingan agar produk dari pengrajin ini bisa semakin inovatif dalam pengembangan produk-produk kain lurik tersebut, sehingga tidak kalah  bersaing dengan produk luar dan bisa menjadi produk unggulan.

Source Sentra Kerajinan Batik Lurik Di Gunung Kidul Desa Samberejo, Kain Tenun Lurik Perlu dilirik
Comments
Loading...