Sentra Kerajinan Batik Malangan Motif Isen-isen Di Malang

0 344

Sentra Kerajinan Batik Malangan Motif Isen-isen Di Malang

Kelompok masyarakat di Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang memiliki inisiatif untuk membuat kerajinan batik khas Malangan. Diawali dari kelompok masyarakat, yang kemudian akhirnya didorong oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang dengan dibuatkan suatu wadah atau tempat di daerah kawasan wisata Kampung Budaya Bonderland, Pakisaji, Kabupaten Malang. Salah satu perajinnya adalah Made.

Menurutnya, sejauh ini masih difokuskan pada kerajinan Batik Malangan, hal ini medorong peningkatan kualitas pengrajin batik yang diproyeksikan melahirkan ikon baru yakni batik khas Kabupaten Malang (Batik Malangan). Made memberikan masukan bentuk ikon batik Kabupaten Malang yakni  Heart of East Java dengan logo hati sebagai simbol Visi dan Misi Kabupaten Malang.

Batik Malangan Motif Isen-isen

Motif isen-isen. Motif ini terdiri dari gambar Tugu Malang sebagai motif utama yang disampingnya terdapat rambut singa berwarna putih sebagai lambang kabupaten Malang. Terakhir adalah motif hias batik ini sendiri. Di bagian ini terdapat bagian boket (hiasan pinggiran kain batik) untuk tumpal (isen-isen pada pinggiran kain) yang berisi tiga buah sulur bunga teratai yang berpola seperti rantai.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/08/19/memaknai-filosofi-batik-malang-kucecwara/
Comments
Loading...