Sentra Kerajinan Batik Muslim Di Bondowoso

0 235

Sentra Kerajinan Batik Muslim Di Bondowoso

Menjelang ramadan dan lebaran sentra perajin batik tulis busana muslim di Kabupaten Bondowoso mulai banjir pesanan.
Perajin pun mulai sibuk mempersiapkan berbagai motif batik unik kontemporer khas Kota Tape untuk busana muslim. Asyiknya, perajin mempersilahkan pembeli atau pemesan untuk mengkreasi sendiri desain batik muslimnya.

Ramai pesanan itu seperti tahun sebelumnya, di sentra perajin batik tulis di Desa Sumbersari, Kecamatan Maesan, Bondowoso ketika menjelang ramadhan dan lebaran. Para perajin mulai menyiapkan berbagai macam pesanan kain batik tulis, dengan aneka corak warna dan motif batik kontemporer, seperti batik tiga dimensi.

Seluruh proses membatik dilakukan secara manual-tradisional. Sehingga, warna batik yang dihasilkan pun timbul, detail corak warna lebih hidup, dan menjadi satu kesatuan yang tahan lama, serta tidak mudah pudar. Kain batik tulis kreasi perajin ini, sengaja dibuat khusus untuk jenis busana muslim, seperti baju koko, busana dress muslimah, kerudung fasminah, mukna, hingga sajadah untuk alat sholat, lengkap dengan sandal batiknya.


Menurut Weni Wulandari, perajin batik tulis, saat ini pesanan kain batik muslim sudah mencapai 300 potong kain. Pesanan datang dari sejumlah daerah, seperti Surabaya, Solo, dan Bandung. Jumlah pesanan kain batik muslim tersebut dipastikan akan terus bertambah, hingga lebaran nanti.

“Untuk edisi ramadhan-lebaran, perajin memanjakan para konsumen, dengan cara pembeli dapat memesan bentuk dan corak batik sesuai seleranya sendiri. Tentu diskon atau potongan harga hingga 50 persen disiapkan bagi pembeli,” kata Weni.

Rata-rata pembeli yang datang di galeri batik, memesan kain batik jenis tiga dimensi atau batik kontemporer. Kain tersebut akan digunakan untuk busana koko dan dress muslimah. Mereka sengaja memesan kain batik busana muslim lebaran jauh-jauh hari. Agar lebih leluasa untuk mencari ide corak dan motif batiknya.

Bagi anda yang ingin tampil beda, memakai busana muslim bermotif batik, saat ramadhan dan lebaran nanti, tidak ada salahnya mencoba. Harga kain batik dijual mulai dari harga Rp 200 ribu, hingga jutaan rupiah.

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=7625&&top=1&&ktg=&&keyrbk=Ekonomi%20Dan%20Bisnis&&keyjdl=batik
Comments
Loading...