Sentra Kerajinan Batik Pakidulan Motif Beulah Kopi di Sukabumi

0 274

Sentra Kerajinan Batik Pakidulan Motif Beulah Kopi di Sukabumi

Terinspirasi keindahan pesona alam pakidulan di Kabupaten Sukabumi‐Jawa Barat, Indonesia. Terciptalah kerajinan batik sebagai salah satu keanekaragaman budaya, yang berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat,di Purwasedar Kecamatan Ciracap. Sebuah inovasi, melalui pengembangan hasil karya seni batik ramah lingkungan yaitu BATIK PAKIDULAN, merupakan Binaan CSR PT Bio Farma.
Aliyudin Firdaus, Seniman dan pencipta Batik Pakidulan mendapat inspirasi dari eksotisme pesona alam, filosofi kehidupan masyarakat pakidulan, serta keanekaragaman budaya dan hayati di kawasan Geopark Ciletuh.
Saat ini sebanyak lebih dari 20 pengrajin batik pakidulan terlibat dalam pembuatan batik, sehingga tercipta lapangan kerja baru untuk keberlanjutan kehidupan masyarakat pakidulan.
Pembuatan batik pakidulan menggunakan green process, dengan bahan dan pewarna batik alami menggunakan Nano Teknologi yaitu pewarnaan batik ramah lingkungan. Pewarnaan Batik merupakan formulasi dari akar dan pohon‐pohon alami seperti daun pandan,daun jati, daun ubi, kulit pohon mahoni, kunyit, pohon lainnya.
Proses produksi Batik Pakidulan menerapkan pengelolaan limbah dari produksi batik untuk mengurangi dampak lingkungan. Hasil karya seni batik pakidulan telah terdaftar Hak Cipta dari Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual untuk menjamin kualitas, keaslian serta kekhasan karya Batik Pakidulan.
Dalam mempertahankan warisan budaya batik, sudah saatnya untuk menanamkan kecintaan seni batik kepada generasi muda, secara turun temurun, seperti yang dilakukan oleh Abah Hikmat, Pendiri Batik Pakidulan dan Sesepuh Desa Purwasedar Kecamatan Ciracap. Batik Pakidulan diharapkan turut serta mewarnai dan melengkapi koleksi batik Indonesia, khususnya Batik Sukabumi untuk diperkenalkan sebagai warisan budaya Indonesia kepada dunia.

Batik Motif Beulah Kopi

Tahun Pembuatan : 22 Agustus 2014
Pencipta : Aliyudin Firdaus
Daerah Pembuatan : Sukabumi, Jawa Barat, indonesia
No.HKI : Beulah Kopi #Ali 01_0714
Keterangan : Kopi menjadi elemen penting di masyarakat Pakidulan, Segelas kopi hangat selalu menjadi sajian utama dikala masyarakat Pakidulan berkumpul. Lebih dari sekedar menikmati masyarakat pakidulan menjalin kedekatan melalui kopi sejak dari proses membelah, menjemur biji kopi untuk kemudian dihidangkan dan dinikmati bersama dalam suasana kekeluargaan
Source http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org/batik-pakidulan/
Comments
Loading...