Sentra Kerajinan Batik Puri Seniman Di Pacitan

0 177

Sentra Kerajinan Batik Puri Seniman Di Pacitan

Mungkin banyak diantara anda yang sudah pada akrab dengan salah satu sentra batik ini. Bahkan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pernah memakai kain batik hasil karya Batik Puri ini.

Batik merupakan salah satu kekayaan budaya di bumi nusantara ini, UNESCO mengakuinya sebagai warisan dunia. Seni batik di Kota Pacitan ini, oleh tangan seniman batik dikreasikan dengan kekhasannya membedakan batik Pacitan dengan daerah-daerah lainnya. Sentra batik yang turut andil melestarikan batik Pacitan ini adalah Ibu Puri yang sejak 60 tahun lalu merintis sentra ini dengan keteguhan hatinya.

Kalau Kalimantan punya batik sasirangan yang menjadi ciri khasnya, kalau Pacitan ada buah dan daun pace. Sentra batik Puri mengkreasikannya menghasilkan motif desain baru yang tak satupun batik karyanya meninggalkan unsur buah dan daun pace ini.

Kenapa Pacitan khas dengan batik pace? Usut punya usut karena nama Pacitan sendiri berasal dari gabungan kata pace yang akrab kita sebut mengkudu dan kata wetan yang berarti timur. Sehingga Pacitan disebut pace ing sisih wetan yang dalam bahasa indonesia berarti tanaman pace di daerah timur.

Motif kebanggaannya di sentra ini ada dua, yaitu Si Sekar Jagad dan Si Cuken. Kenapa sekar jagad? Karena motif ini memiliki filosofi tinggi, yaitu mempersatukan berbagai perbedaan dalam satu wadah.

Kalau Si Cuken sendiri memiliki kerumitan yang cukup tinggi, butuh kesabaran dan ketelatenan dalam menciptakan motif ini tertuang pada selembar kain.

Source https://infobatik.id/sentra-batik-puri-seniman-sandang-ciri-khas-pacitan/ https://infobatik.id/sentra-batik-puri-seniman-sandang-ciri-khas-pacitan/
Comments
Loading...