Sentra Kerajinan Batik Rosela Di Surabaya

0 236

Sentra Kerajinan Batik Rosela Di Surabaya

Rotary Club bekerjasama dengan para pengrajin batik Rosela adakan workshop membatik di kawasan Banjar Sugihan, Surabaya. Kerjasama dimaksudkan untuk terus mengembangkan bisnis batik Rosela khas Surabaya.

Bukan hanya mendatangkan ahli batik dari Madura untuk menajarkan teknik pewarnaan, Klub Rotery juga turut membantu mengembangkan usaha batik milik warga sekitar dengan memberikan meja membatik, lemari display, kompor untuk mencanting dan panci besar untuk membilas batik.

Usaha itu diberikan untuk mengembangkan para pengrajin untuk terus berkarya membuat batik, bros, taplak meja hingga sarung bantal dari sisa kain batik yang tidak digunakan atau yang rusak dan tak layak jual.

“Kegiatan dihari kasih sayang ini merupakan bentuk kepedulian Rotary Club untuk mengembangkan usaha pengrajin batik dengan kita melakukan kerjasama kepada mereka, mulai dari workshop hingga peralatan yang dapat digunakan untuk membuat batik,” ungkap Fera Hadriyanti, Presiden Rotary Club Kali asin.

Sementara itu sebanyak 30 pengrajin batik ini mengaku senang dengan adanya bantuan ini, karena para pengrajin ini bisa berjalan terus selama 3 tahun ini dan dapat berkembang meskipun ada target yang diberikan.

“Kita senang sekali bisa bekerjasama dengan Rotary selama tiga tahun ini, meskipun ada target namun mereka juga membantu penjualan batik ini keberbagai tempat, mulai dari event diseluruh Jatim hingga di gerai kerajinan di Surabaya, “ungkap Zeni Wati, Ketua Batik Banjarsugihan.

Diketahui sebelumnya, kawasan Banjarsugihan ini semula ditanami daun rosela. Lantas tercetuslah ide membuat batik berbahan dasar pewarna rosela dan batik berbentuk rosela, dari sini pengembangan CSR diberi oleh Rotari Club.

Source http://m.beritajatim.com http://m.beritajatim.com/gaya_hidup/289622/rotari_klub_kembangkan_pengrajin_batik_rosela.html#
Comments
Loading...